Car Review Indonesia

 

Aplikasi Dari Ajang Balap Buat Harian. Lampu Kabut Murah Meriah Dan Manjur

| 14 October, 2016

Dari seluruh cahaya dari lampu mobil, warna kuning merupakan yang paling optimal menembus kabut. Dengan contoh aplikasi di balap ketahanan 24 jam, untuk bisa digunakan pada kendaraan sehari-hari.

Orang banyak menyebut lampu tambahan dengan sebutan fog lamp atau lampu kabut. Seperti namanya, lampu dengan penutup berwarna kuning ini memang memiliki keistimewaan mampu menembus tebalnya kabut ataupun hujan lebih baik dibandingkan dengan lampu biasa.

Sinar kuning yang dipancarkannya memiliki kemampuan untuk menembus kepekatan kabut ataupun bulir hujan.

Oleh sebab itu jurus menggunakan lampu kabut ini banyak dipergunakan pada daerah yang banyak diselimuti kabut. Dengan kemampuannya itu maka lampu ini pun diaplikasikan pada mobil balap ketahanan yang menghadapi perubahan dari siang-malam dan sebaliknya.

“Sebenarnya kuning bukanlah warna yang paling ampuh untuk menembus kabut. Warna merahlah yang memiliki daya tembus yang paling wahid,” jelas Dadi Tiasono dari JCU Work di bilangan Sunter Jakarta Utara.

“Hal ini bisa dilihat, mengapa lampu merah menjadi lampu yang ditempatkan di puncak menara. Karena supaya dapat dilihat dari jauh khususnya oleh pesawat terbang atau pun helikopter,” sambung Dadi.

Namun, menurutnya cahaya warna merah ini memiliki kemampuan sangat kuat mengintervesi warna lain. Jika dipasangkan sebagai lampu kabut maka mata kita memiliki kecenderungan mengalami salah penafsiran pada warna ataupun malah wujud benda.

“Selain itu warna merah sudah disepakati sebagai warna lampu belakang pada mobil,” ujarnya. “Sinar warna kuning pun berpeluang untuk mengintervensi mata, namun jauh lebih sedikit dibandingkan dengan lampu dengan sinar warna merah,” jelasnya lagi.

Supaya lampu kabut standar memiliki sinar kuning, bisa dengan melapisi kacanya dengan stiker kuning yang tembus cahaya. Sehingga sinar kuning menerpa permukaan jalan.

 

Chevy Corvette dengan lampu utama kelir kuning dalam laga balap ketahanan

 

Tag : #Fog lamp  # lampu kuning   # kabut  

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]