Apa sebabnya mobil bisa melaju dengan ban tanpa angin? Dengan Run Flat Tyre (RFT) kondisi ini bisa terjadi, penumpang pun lebih nyaman dan aman dengan RFT, sayang harganya masih mahal.

Ban Gembos Tetapi Mobil Tetap Melaju? Itulah Khasiat Run Flat Tyre

 
 Ban Gembos Tetapi Mobil Tetap Melaju? Itulah Khasiat Run Flat Tyre

Apa sebabnya mobil bisa melaju dengan ban tanpa angin? Dengan Run Flat Tyre (RFT) kondisi ini bisa terjadi, penumpang pun lebih nyaman dan aman dengan RFT, sayang harganya masih mahal.

Menurut beberapa sumber, 80% dari kecelakaan memiliki hubungan erat dengan ban dan kurangnya tekanan angin pada ban. Ban yang kurang tekanan anginnya akan mempengaruhi handling mobil secara keseluruhan ataupun menyebabkan kerusakan pada ban.

Ban kempes merupakan kejadian luar biasa yang bisa menghambat atau malah menggagalkan sebuah rencana matang.

Tidak sedikit upaya untuk menciptakan sebuah teknologi untuk mengantisipasi kejadian seperti ini. Salah satunya pabrikan ban menciptakan ban anti-kempes atau ban yang dapat tetap berfungsi dengan baik walau tekanan angin di dalam ban tersebut nol.

Run Flat Tyre atau yang sering disingkat sebagai RFT merupakan jenis ban yang dapat berfungsi dengan aman walau tekanan tanpa tekanan angin alias kempes. Tujuan utama dari RFT dikembangkan guna menjamin keselamatan pemgemudi pada saat ban mengalami kempes secara mendadak.

Ban biasa (konvensional) akan kempes dengan cepat dan kehilangan fungsinya untuk menopang kendaraan karena hilangnya tekanan udara pada ban. Jika diteruskan, maka ban akan tercabik-cabik.

“Banyak ragam RFT yang dikembangkan. Bridgestone berkonsentrasi untuk mengembangkan tipe RFT dengan memperkuat sidewall ban dengan tambahan lapisan sehingga sidewall ban dapat tetap menopang bobot kendaraan walau tanpa angain, “ tutur Agus Sarsito, Technical Supervisor Bridgestone Indonesia.

RFT memiliki struktur desain dengan sidewall yang diperkuat

Namun demikian, Agus menjelaskan bahwa ban RFT apabila tekanan anginnya kosong hanya bisa dipergunakan hingga jarak 80 km dengan kecepatan sekitar 80 km/jam. “Ban RFT tanpa tekanan sifatnya darurat. Di mana ban ini memberikan kesempatan apda pengemudi untuk membawa mobilnya ke tempat yang aman,” imbuhnya.

Keuntungan mengunakan ban RFT adalah tidak diperlukan lagi ban cadangan. Sehingga memberikan ekstra ruangan yang lebih luas pada kendaraan. Selain itu tanpa ban cadangan maka bobot kendaraan menjadi lebih ringan dan otomatis konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit.

 

 
Related
Don't miss this stories
Updates

otodriver.com