Walaupun AGS memiliki basis transmisi manual, namun pada Suzuki Ignis perbandingan rasio giginya tak sama dengan versti transmisi manual 'murni'. Inilah pemaparannya.

Basis Serupa, Namun Rasio Persneling Matik AGS Ignis Tak Sama Dengan Versi Manual

 
Basis Serupa, Namun Rasio Persneling Matik AGS Ignis Tak Sama Dengan Versi Manual

Walaupun AGS memiliki basis transmisi manual, namun pada Suzuki Ignis perbandingan rasio giginya tak sama dengan versti transmisi manual 'murni'. Inilah pemaparannya.

Suzuki Ignis yang diluncurkan beberapa waktu silam sepertinya mampu memikat khalayak. Mobil yang menyandang gelar SUV ini dilengkapi dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi Automated Manual Transmission (AMT) 5 percepatan yang dilabeli Suzuki sebagai Auto Gear Shift (AGS). Khusus untuk varian bertransmisi AGS, Ignis hanya ditawarkan pada versi GX saja.

Sesuai dengan namanya, transmisi AGS merupakan transmisi manual yang dibuat agar beroperasi seperti transmisi otomatik.

“Jenis ini sebenarnya sama persis dengan girboks manual pada umumnya, namun pedal kopling ditiadakan dan fungsinya diambil alih oleh Intellegent Shift Control Actuator yang fungsinya menekan kopling,” jelas  Rifkie Setiawan, 4W Marketing Research, Data Analisis & ATL Manager PT Suzuki Indomobil Sales saat ditemui Carreview.id di bilangan Jakarta Pusat beberapa waktu silam.

“Perangkat ini diatur kinerjanya oleh komputer pada kendaraan, sehingga semua proses shifting terukur sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mobil. Karenanya mobil bertransmisi AGS biasanya memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan versi manualnya,” lanjutnya.

Transmisi AGS tak ada posisi P, saat parkir di posisi N, seperti manual
Perangkat Intellegent Shift Control Actuator

Keputusan PT.Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk menjajakan varian AGS dibandingkan varian bertransmisi CVT pada Ignis berhubungan erat dengan harga jual yang akan lebih melambung tinggi.

Sebelumnya, jenis girboks AGS ini dapat ditemui pada varian Suzuki Karimun Wagon R. Namun menurut Rifkie, sistem AMT yang digunakan pada Ignis telah mengalami penyempurnaan dari yang dipakai pada Karimun Wagon R AGS.

Tetapi ada hal unik di antara transmisi manual dengan AGS pada Ignis. Berdasarkan data spesifikasi Ignis, walaupun sama-sama menggunakan basis transmisi yang sama, tetapi ada perbedaan rasio gigi.

Perbandingan rasio gigi 4, 5 dan mundur, berbeda di antara keduanya. Disinyalir, hal ini dilakukan agar performa Ignis baik di berbagai kondisi jalan.

Selain itu, perbandingan rasio gigi ini untuk menyiasati kemampuan mesin menghela bobot Ignis AGS yang lebih berat 10kg dibandingkan dengan tipe GL yang bertransmisi manual.

Gear

Rasio MT

Rasio AGS

1

3,545

3,545

2

1,904

1,904

3

1,240

1,240

4

0,914

0,906

5

0,717

0,696

Mundur

3,272

3,394

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com