Car Review Indonesia

 

Baterai/Aki : Buatan Zaman Dulu Lebih Kuat dan Awet, Benarkah Demikian atau Sekadar Mitos?

| 08 July, 2016

Aki lama lebih kuat dibandingkan aki sekarang. Itu anggapan pengguna mobil yang kerap berurusan dengan aki. Namun, apa betul baterai alias aki ini sekarang kalah kuat dibandingkan zaman dulu?

Terdapat beberapa pendapat mengenai kualitas aki yang dewasa ini masih gentayangan atau tidak jelas. Bahwa aki zaman dulu lebih kuat dibandingkan era masa kini.

Sebenarnya hal tersebut tidak benar. Berikut fakta yang membuat mitos tersebut terbantahkan.

Panas yang terjadi di ruang mesin memperpendek usia aki. Jika kita cermati, mobil zaman dulu memiliki ruang mesin yang lebih besar dibandingkan ruang mesin pada mobil saat ini.

Di mana otomatis temperatur di dalam ruang mesinnya menjadi lebih tinggi dan pelepasan panas pada ruang mesin menjadi lebih lama.

Kondisi dan perubahan iklim dan kelembaban berpengaruh besar pada daya tahan aki. Jalanan di Indonesia memiliki tingkat stres yang tinggi

"Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi yakni 75-97%  dan juga suhu udara yang relatif konstan," jelas Satriawan Agung Prabowo dari FAST, salah satu retail aki di Indonesia.

"Kondisi ini semakin diperburuk dengan tingkat kemacetan lalu-lintas yang kian kronis. Bisa dibayangkan temperatur udara yang mengepung aki tersebut," lanjut pria kelahiran Solo ini.

Jelas membuat aki mengalami stress. Bandingkan dengan kondisi di luar negeri terutama negara 4 musim. Di mana iklim dan kelembabannya tidak seekstrem di sini.

Di tambah lagi dengan kondisi jalan raya yang relatif tidak banyak  kemacetan.

"Negara 4 musim memiliki tingkat kelembaban rendah cenderung kering ditambah lagi temperaturnya relatif di bawah negara tropis, sehingga tak jarang para produsen aki memberikan garansi yang luar biasa, hingga 3 tahun malah," lanjut lelaki yang disapa Tumenggung itu.

Kendaraan modern yang syarat akan peranti elektronik. Mulai dari mesin, transmisi hingga perangkat keamanannya diatur secara elektronik yang notabenenya memerlukan suplai listrik.

Tentunya hal ini memerlukan suplai arus aki yang lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan zaman dulu.

Oleh karena itu juga maka kondisi aki sekarang ini ‘terasa’ lebih singkat umurnya dibandingkan dengan aki jaman dulu.

Thanks to :

FAST Indonesia

 

Tag : #mitos aki  # aki jaman dulu lebih kuat  # kondisi yang dihadapi aki di masa kini 

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]