Car Review Indonesia

 

Beginilah Perbedaan Ban Radial Dan Ban Bias

| 07 September, 2016

Pengguna ban sangatlah banyak. Tetapi tak semua orang tersebut mengetahui apa perbedaan antara ban radial dengan bias, serta apa teknologi dan juga kegunaannya. Seperti inilah bedanya.

Ban sekilas nampak sederhana, akan tetapi jika dilihat lebih mendalam akan terpampang kandungan teknologi yang ada di dalamnya termasuk struktur rancangan ban yang membentuk suatu ban.

Kita kenal jenis ban bias dan radial. Keduanya adalah dua spesies yang berbeda.

“Ban Bias disebut juga sebagai ban diagonal. Hal ini dikarenakan jalinan benang yang menjadi kerangkanya disusun dengan kemiringan 45-55% mengarah pada bagian tengah tapak ban atau tread,” jelas Agus  Sarsito, Technical Advisor PT Bridgestone Tire Indonesia.

“Sedangkan ban radial atau radius susunan kerangka benangnya melintang dari sisi ban kiri dan kanan begitupun sebaliknya. Ban radial memiliki layer tambahan hanya pada permukaan telapak bannya," sambungnya.

Kedua ban tersebut sampai saat ini masih diproduksi dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun yang paling menonjol perbedaan antara keduanya terdapat fleksibilitas ban. Ban Bias memiliki dinding yang cukup kaku sedangkan ban radial jauh lebih fleksibel.

Struktur ban radial dinding lebih tipis namun fleksibel
Struktur ban bias memiliki dinding lebih tebal dan lebih kuat

Dari segi kekuatan, ban bias lebih kokoh, terlebih pada dinding bannya (sidewall) karena jalinan struktur benangnya terjalin merata dari dinding hingga telapak ban dan minimal memiliki dua lapisan benang (ply).

Sedangkan pada radial jalinan strukturnya hanya di sebelah kiri ke kanan saja. Dengan demikian dindingnya tidak sekokoh ban bias.

Dewasa ini ban radial lebih banyak dipergunakan pada kendaraan penumpang, walau ada pula yang dipergunakan pada kendaraan komersial.

Ban Radial

(+) Karena susunan kerangkanya melintang, maka tidak banyak deformasi pada ban sehingga ban lebih minim terhadap fibrasi.

(+) Lebih nyaman dikendarai karena dinding bannya lebih fleksibel

(+) Tidak lekas panas sehingga mampu dibawa untuk kecepatan tinggi

(-) Lebih berisik dibandingkan dengan bias

(-) Side wall tipis tidak sekokoh ban bias

 

Ban Bias

(+) Side wall lebih kuat

(+) Lebih senyap

(-) Lebih cepat panas

(-) Kurang nyaman dikendarai karena sidewallnya kuat

Tag : #Ban Radial  # Ban Bias  #Bridgestone 

Don't miss this stories (Bridgestone)

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]