Crumple Zone diciptakan untuk menghindari pengemudi cidera berat ketika mengalami kecelakaan. Siapa yang menemukannya pertama kali? Dan mobil apa yang pertama menerapkan crumple zone?

Crumple Zone

 
Crumple Zone

Crumple Zone diciptakan untuk menghindari pengemudi cidera berat ketika mengalami kecelakaan. Siapa yang menemukannya pertama kali? Dan mobil apa yang pertama menerapkan crumple zone?

Teknologi mobil tak hanya dapat membuatnya menjadi lebih kencang dan efisien, namun juga mampu membuat mobil menjadi lebih aman.

Salah teknologi yang dibuat untuk menghindari penumpang cidera berat saat kecelakaan adalah hadirnya crumple zone atau yang dikenal juga sebagai zona benturan.

Crumple zone merupakan konstruksi atau struktur yang dirancang sedemikian rupa agar dapat meredam dan menyerap gaya kinetik yang terjadi pada saat terjadi tabrakan.

Tujuan utamanya, agar supaya energi benturan tidak diteruskan ke dalam kabin dan tetap membuat penumpang di dalam kabin aman.

Supaya mampu menyerap energi benturan, maka beberapa bagian dari kendaraan tersebut justru dibuat rapuh agar mampu menyerap energi kinetik yang terjadi pada saat tabrakan.

Oleh sebab itu, bagian crumple zone kendaraan saat mengalami tabrakan biasanya akan rusak parah.

Perlu diketahui, konsep peredam energi kinetik ini ditemukan pertama kali oleh Béla Barényi seorang berkebangsaan Austria pada tahun 1937.

Penemuan ini kemudian dipatentkan pada tahun 1941 oleh Barényi, yang kemudian bekerja pada Mercedes-Benz di tahun 1952.

Awalnya, Barenyi menguji cobanya pada Mercedes-Benz W120 Ponton di tahun 1953.

Selanjutnya, Mercedes-Benz benar-benar mengaplikasikan teknologi ini pada tahun 1959 tepatnya pada sedan W111 ‘fintail’.

Mercedes-Benz W111 Fintail

Teknologi crumple zone telah mengalami pengembangan dari masa ke masa demi menghadirkan kenyamanan terbaik kepada penumpang di dalam mobil.

Dalam rentang waktu dua dasawarsa, sudah terjadi perkembangan yang cukup signifikan dan terlihat mobil saat ini sudah lebih aman dari pada mobil 20 tahun lalu.

Sebagai contohnya, kami memiliki video komparasi tes tabrak yang dilakukan oleh Euro NCAP (Euro New Car Assessment Programme) yang mempertontonkan perbandingan kerusakan mobil lansiran 1997 dengan 2017 :

 
Related
Updates

otodriver.com