Saat ini cukup banyak yang menggunakan CVT, Tahukan Anda, jika teori CVT ditemukan oleh Da Vinci dan mobil pertama dengan CVT adalah DAF 600 buatan tahun 1958.

CVT (Continuously Variable Transmission)

 
CVT (Continuously Variable Transmission)

Saat ini cukup banyak yang menggunakan CVT, Tahukan Anda, jika teori CVT ditemukan oleh Da Vinci dan mobil pertama dengan CVT adalah DAF 600 buatan tahun 1958.

Continuous Variable Transmission (CVT) muncul sebagai bagian dari keluarga transmisi otomatik. Jenis transmisi ini memiliki segudang kelebihan, yakni mobil bergerak cukup halus tanpa entakan (jeda) perpindahan gigi, seperti pada transmisi otomatik konvensional dengan torque converter.

Secara umum, CVT terdiri dari komponen puli dan sabuk (belt). Puli yang berputar ada yang terhubung dengan input shaft dari putaran mesin (drive pulley) satu lagi terhubung pada sistem penggerak mobil (driven pulley). Kedua puli ini, terikat dengan sabuk CVT.

Ketika mesin berputar, maka poros drive pulley akan terisi cairan hidraulis dan membuat puli bergerak sesuai dengan putaran mesin, baik menyempit maupun melebar, sehingga memberikan variasi rasio berbeda. Begitu pula pada driven pulley, ubahan pulinya akan dikalkulasi oleh komputer yang mengatur melalui cairan hidraulis untuk mengubah rasio puli.

Dari sinilah terjadi perpindahan percepatan bervariabel dan terus menerus (contiuously variable).

Hal inilah yang menyebabkan mengapa transmisi CVT menjadi lebih efisien, lantaran mampu mendistribusikan tenaga tanpa harus kehilangan momentum, seperti yang umum terjadi pada proses shifting di transmisi otomatik konvensional.

Hanya saja, perpindahan gigi tanpa jeda inilah yang terkadang membuat pengemudi merasa kurang 'fun to drive', karena tal memberikan efek emosional perpindahan percepatan seperti transmisi otomatik konvensional.

Itulah umumnya saat berakselerasi, mobil bertransmisi CVT dirasakan kurang beringas di putaran bawah. Akan tetapi beberapa data menunjukkan bahwa mobil CVT lebih cepat mencapai kecepatan puncak dibandingkan jenis transmisi otomatik konvensional.

Konsep dasar CVT dikemukakan oleh Leonardo Da Vinci pada 1490. Mobil pertama yang menggunakan CVT adalah DAF 600 bikinan Belanda pada tahun 1958. Sistem CVT milik DAF ini disebut sebagai Variomatic, dengan konsep kerja seperti sepeda motor matik, yang menggunakan roller sentrifugal, untuk mengubah diameter pulinya

DAF 600, mobil pertama dengan CVT
CVT pada Datsun Cross

Berikut video yang menjelaskan cara kerja CVT :

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com