Tugasnya untuk menghilangkan embun yang nempel pada kaca, ketika udara dingin berada di luar kabin.

Defogger

 
Defogger

Tugasnya untuk menghilangkan embun yang nempel pada kaca, ketika udara dingin berada di luar kabin.

Salah satu perangkat yang mungkin tak terlalu banyak diperhatikan adalah Defogger. Perangkat ini berfungsi untuk menghalau embun pada kaca yang terjadi lantaran ada perbedaan temperatur pada bagian dalam dan luar kabin. Fitur ini bekerja secara elektronis dengan mengalirkan listrik melalui jalur-jalur kawat halus yang ada pada kaca.

Mengaktifkannya mudah, cukup tekan tombol bertanda khusus. Biasanya mobil-mobil anyar sudah dilengkapi dengan modul yang akan memutus arus listrik ketika mesin mobil dimatikan dan lengsung memutus aliran listrik.

Namun bagi pengguna mobil yang belum menggunakan pemutus otomatis, sebaiknya lebih berhati-hati. “Peranti ini sifatnya menimbulkan panas yang disebabkan oleh arus listrik yang dialirkan. Banyak kasus alat ditemui posisi ‘ON’ dalam kondisi tidak semestinya, tak ada embun atau bahkan tetap ‘ON' pada saat mobil dikendarai dalam kondisi udara terik,” jelas Jumadi dari BMS Workshop di bilangan Cikunir, Bekasi.

“Kondisi seperti ini yang rawan membuat kaca belakang pecah. Tanpa disadari temperatur kaca akan lebih tinggi dan apabila tersiram air , semisal air wiper belakang maka didapati potensi untuk pecah,” sambungnya. “Perbedaan suhu kaca yang sudah terlalu panas dan suhu air yang relatif dingin akan menyebabkan kaca retak. Perlu diketahui bahwa kaca merupakan material yang cukup reaktif pada perubahan suhu,” wanti pria yang disapa Jum ini.

Maka sangat disarankan untuk melakukan pengecekan untuk peranti ini sebelum mempergunakan mobil. Cukup dengan satu sentuhan saja maka kaca berdefogger akan aman.

 

 
Related
Updates

otodriver.com