Sebuah fitur keselamatan yang dapat membantu pengendara lain untuk memantau posisi kendaraan kita saat jarak pandang terbatas.

Fungsi Rear Fog Lamp

 
Fungsi Rear Fog Lamp

Sebuah fitur keselamatan yang dapat membantu pengendara lain untuk memantau posisi kendaraan kita saat jarak pandang terbatas.

Lampu kabut belakang mungkin belum umum bagi orang Indonesia. Walau demikian, beberapa kendaraan di Indonesia khususnya mobil bikinan Eropa dan Korea telah menjadikan peranti ini sebagai standar.

Merunut sejarahnya, penggunaan rear fog lamp ini menjadi mandatory atau wajib dipergunakan pada semua produk yang diperjual belikan di kawasan Uni Eropa dan negara Eropa Barat pada umumnya.

Lampu khusus dengan pedar warna merah ini ditempatkan di bagian buritan dan berfungsi untuk penanda tambahan untuk mobil yang melintasi jalan berkabut, salju maupun hujan deras.

Warna merah yang dipergunakannya memiliki rentang intensitas 150-300 candela atau maksimal sama dengan intensitas lampu rem.

Walau belum menjadi hal yang diwajibkan di Indonesia dan melihat kondisi alam terutama saat terjadi hujan deras tiba, sepertinya perangkat ini menarik untuk dilirik sebagai salah satu peranti keselamatan tambahan.

“Sebenarnya para penggemar mobil di Indonesia sudah mengenal peranti ini, namun sayang sebagian mungkin tidak begitu paham kegunaannya,” jelas Yusuf Ramadhan dari D2 Workshop Depok. “Tak sedikit pemilik beberapa mobil seperti Land Rover Defender dan Jeep TJ Wrangler mengganggapnya sebagai lampu rem tambahan,” gelaknya.

“Bahkan ada pula yang menambahkan rear fog lamp ini sebagai aksesoris tambahan supaya lebih berkesan European style,” imbuhnya.

Saat dioperasikan pada saat hujan, cahaya dari rear fog lamp ini mampu dibaca dengan jelas dari jarak 150 meter oleh pengemudi di belakang.

Perlu diingat juga, bahwa selain hujan terdapat faktor lain yang menyebabkan jarak pandang menjadi terbatas. Indonesia memiliki masalah dengan kabut asap yang seringkali menjadi momok di beberapa wilayah terutama di pulau Sumatera dan Kalimantan. Dengan kehadiran rear fog lamp ini cahaya merahnya dapat berfungsi sebagai penanda yang relatif aman bagi pengemudi lain.

Bagi mobil yang belum ada peranti ini, mungkin saatnya memikirkan untuk pemasangannya. 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com