Kontruksi gardan seperti gawang, di mana mobil yang menggunakannya akan lebih tinggi tanpa harus melakukan suspension lift. Ground Clearance juga akan bertambah jauh dibandingkan gardan konvensional.

Gardan Portal : Cara Mahal Meninggikan Ground Clearance

 
Gardan Portal : Cara Mahal Meninggikan Ground Clearance

Kontruksi gardan seperti gawang, di mana mobil yang menggunakannya akan lebih tinggi tanpa harus melakukan suspension lift. Ground Clearance juga akan bertambah jauh dibandingkan gardan konvensional.

Apa yang membuat sebuah Mercedes Benz G 500 4×4² sangat berbeda dengan G-Class lainnya? Tentu cukup banyak, tetapi paling mencolok adalah postur tubuhnya yang lebih jenjang dan jangkung.

Hal ini diikarenakan G500 4×4² menggunakan gardan portal, sebuah teknologi yang kerap digunakan pada kendaraan off-road yang menggunakan tambahan gir reduksi pada kedua ujungnya dan as rodanya.

Sehingga as roda tak langsung berhubungan dengan roda. Gugusan gir pada ujung gardan ini memberikan penambahan tinggi secara otomatis. Sehingga ground clearance menjadi lebih tinggi tanpa harus melakukan suspension lift dan bonggol gardan pun menjadi lebih tinggi posisinya.

Beda antara normal axle dan portal axle
Gir reduksi pada gugusan portal milik Kubelwagen
Portal Axle sangat populer di dunia militer dan off-road

Selain mampu memberikan tinggi secara spontan, gardan axle memiliki keunggulan lainnya yakni beban as roda dan differential menjadi lebih ringan.

Penambahan rasio gir pada tiap ujung gardan memberikan memungkinkan bonggol gardan menggunakan ukuran lebih kecil.

Sayangnya hadirnya, susunan gir tambahan ini membutuhkan material yang kuat dan juga menyebabkan penambahan bobot (unsprung weight) pada kendaraan. Disebutkan juga bahwa kinerja gir pada bagian ujung ini berpotensi menimbulkan panas berlebih dibandingkan gardan tanpa gigi reduksi.

Kondisi ini bisa dieliminir dengan penggunaan grase dengan kualitas baik, walau tidak akan bisa menghilangkan sama sekali panas pada area ini.  

Teknologi off-road ini pertama kalinya yang diperkenalkan pada Volkswagen Type 82 Kübelwagen di era perang dunia II.  Dengan gardan yang portalnya, mobil perang ringan andalan pasukan SS ini mampu bergerak lincah di daerah dengan kondisi permukaan jalan yang buruk sekalipun. Mercedes Unimog diketahui sebagai mobil yang menggunakan portal solid axle untuk pertama kalinya.

Mobil-mobil militer seperti High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau dikenak juga sebagai Hummer H1 merupakan salah satu mobil militer modern bersuspensi independen yang menggunakan gardan portal.

 
Related
Updates

otodriver.com