Car Review Indonesia

 

Gardan Portal : Cara Mahal Meninggikan Ground Clearance

| 04 November, 2016

Kontruksi gardan seperti gawang, di mana mobil yang menggunakannya akan lebih tinggi tanpa harus melakukan suspension lift. Ground Clearance juga akan bertambah jauh dibandingkan gardan konvensional.

Apa yang membuat sebuah Mercedes Benz G 500 4×4² sangat berbeda dengan G-Class lainnya? Tentu cukup banyak, tetapi paling mencolok adalah postur tubuhnya yang lebih jenjang dan jangkung.

Hal ini diikarenakan G500 4×4² menggunakan gardan portal, sebuah teknologi yang kerap digunakan pada kendaraan off-road yang menggunakan tambahan gir reduksi pada kedua ujungnya dan as rodanya.

Sehingga as roda tak langsung berhubungan dengan roda. Gugusan gir pada ujung gardan ini memberikan penambahan tinggi secara otomatis. Sehingga ground clearance menjadi lebih tinggi tanpa harus melakukan suspension lift dan bonggol gardan pun menjadi lebih tinggi posisinya.

Beda antara normal axle dan portal axle
Gir reduksi pada gugusan portal milik Kubelwagen
Portal Axle sangat populer di dunia militer dan off-road

Selain mampu memberikan tinggi secara spontan, gardan axle memiliki keunggulan lainnya yakni beban as roda dan differential menjadi lebih ringan.

Penambahan rasio gir pada tiap ujung gardan memberikan memungkinkan bonggol gardan menggunakan ukuran lebih kecil.

Sayangnya hadirnya, susunan gir tambahan ini membutuhkan material yang kuat dan juga menyebabkan penambahan bobot (unsprung weight) pada kendaraan. Disebutkan juga bahwa kinerja gir pada bagian ujung ini berpotensi menimbulkan panas berlebih dibandingkan gardan tanpa gigi reduksi.

Kondisi ini bisa dieliminir dengan penggunaan grase dengan kualitas baik, walau tidak akan bisa menghilangkan sama sekali panas pada area ini.  

Teknologi off-road ini pertama kalinya yang diperkenalkan pada Volkswagen Type 82 Kübelwagen di era perang dunia II.  Dengan gardan yang portalnya, mobil perang ringan andalan pasukan SS ini mampu bergerak lincah di daerah dengan kondisi permukaan jalan yang buruk sekalipun. Mercedes Unimog diketahui sebagai mobil yang menggunakan portal solid axle untuk pertama kalinya.

Mobil-mobil militer seperti High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau dikenak juga sebagai Hummer H1 merupakan salah satu mobil militer modern bersuspensi independen yang menggunakan gardan portal.

Tag : #Portal axle  # Off-road  # Extra Ground cleareance 

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]