Salah satu fitur keselamatan yang kini jamak ditemui pada mobil-mobil kelas menegah, bagaimana cara kerjanya?

Hill Start Assist Control (HAC)

 
 Hill Start Assist Control (HAC)

Salah satu fitur keselamatan yang kini jamak ditemui pada mobil-mobil kelas menegah, bagaimana cara kerjanya?

Salah satu fitur keselamatan yang belakangan ini mulai banyak dijejalkan pada mobil kelas menengah adalah Hill Start Assist Control (HSC).

Fitur yang satu ini berfungsi untuk mencegah mobil mundur dan menabrak mobil di belakangnya ketika terjebak kemacetan di jalanan yang menanjak. Prinsip kerjanya yakni menahan rem selama 2-3 detik.

Mekanisme fitur HSC ini terintegrasi dengan sistem pengereman mobil. Umumnya terdapat dua sensor yang dipergunakan pada sistem ini. Sensor pertama membaca kondisi menanjak yang diidentifikasi dengan bagian depan mobil yang lebih tinggi dari bagian belakangnya. Sensor inilah yang mengaktifkan rem sehingga laju mobil tertahan. Sementara sensor kedua berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda. Sensor ini memberikan info pada sistem pengereman untuk melepas rem secara otomatis.

HSC sendiri memiliki beberapa nama diantaranya hill holder, no roll ataupun no back. Meski demikian, dari tinjauan sejarah HSC bukanlah fitur yang baru. Wagner Electric tercatat sebagai penemu fitur ini. Namun produksi alat ini justru dilakukan oleh Bendix Brake Company asal Indiana Amerika Serikat. Studbaker dikenal sebagai pabrikan mobil pertama yang menggunakan fitur ini tahun 1936.

.

 
Related
Updates

otodriver.com