Kondisi jalanan, kemacetan dan habit dapat memangkas usia oli transmisi matik.

Ini Dia Faktor yang Sebabkan Umur Oli Transmisi Matik Lebih Pendek

 
 Ini Dia Faktor yang Sebabkan Umur Oli Transmisi Matik Lebih Pendek

Kondisi jalanan, kemacetan dan habit dapat memangkas usia oli transmisi matik.

Oli transmisi matik atau Automatic Transmission Fluid (ATF) menjadi jantung utama bagi kinerja transmisi khususnya jenis power shift transmission.

Supaya kinerja transmisi pintar ini tetap optimal dan awet maka mengganti oli transmisi menjadi hal yang harus diperhatikan. “Karena umur pakai, maka oli transmissi matik harus diganti secara rutin. Ada hitungan untuk melakukan penggantian oli tersebut,” jelas Shofwatuzzaki, Shell B2C Lubricants Technical Manager Indonesia, di sela peluncuran produk ATF Shell di Jakarta (20/03).

Pada umumnya, pabrikan telah memberikan acuan untuk melakukan penggantian rutin. Angkanya akan bervariasi, bahkan ada yang menyarankan untuk mengganti ATF setelah jarak tempuh 100 ribu kilometer. Namun pria yang biasa disapa Zaki ini mengatakan, bahwa jarak tempuh itu merupakan hitungan ideal yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil.

Sedangkan seperti kita ketahui, kondisi jalanan kadang sangat jauh dari kata ideal. “Untuk amannya maka disarankan sebaiknya untuk mengganti oli transmisi di bawah jarak tempuh yang disarankan oleh pabrikan, semisal melakukan penggantian 5 ribu kilometer lebih awal dari jadwal semestinya,” lanjutnya.

Menurut Zaki ada beberapa hal yang menyebabkan umur ATF jadi lebih pendek.

1. Kondisi jalanan / kontur jalanan. Semakin banyak naik-turun maka transmisi semakin bekerja dengan keras sehingga berpengaruh pada kualitas oli transmisi.

2. Kemacetan merupakan kondisi yang memangkas secara signifikan usia pakai ATF. Walau tidak produktif dalam menghasilkan tambahan jarak tempuh, namun tetap saja terdapat perputaran pada unit torque converter di transmisi matik

3. Habit mengendara yang salah menjadi alasan jarak tempuhnya terpangkas. Menahan gigi pada posisi D saat macet akan memperpendek usia ATF sekaligus usia pakai plat kopling.

 

 

 
Related
Updates

otodriver.com