Sistem yang kembali diaplikasikan pada All New Jimny sangat membantu untuk offroad.

Inilah Fitur Lawas yang Kembali Hadir di Suzuki All New Jimny

 
Inilah Fitur Lawas yang Kembali Hadir di Suzuki All New Jimny

Sistem yang kembali diaplikasikan pada All New Jimny sangat membantu untuk offroad.

Jimny generasi IV telah resmi diluncurkan di Jepang. SUV kecil ini diketahui tetap mempertahankan tradisinya dengan sasis tangga dan menggunakan gardan solid axle pada roda depan dan belakangnya.

Namun sebenarnya ada satu lagi yang cukup membuat SUV 4x4 ini menarik, yakni adalah munculnya kembali tongkat untuk tranfercasenya. Sebelumnya, Jimny gen III berkode JB43 telah meniadakan tongkat pemindah transfercase dan menggantikannya dengan sistem tombol yang diletakkan pada bagian cluster tengah dasbor.

Sejauh ini Suzuki belum mengungkap alasan utama dari pemindahan ini, namun diyakini bahwa tujuannya tak lain untuk membuat mobil ini tampil lebih spartan dan tidak terlalu dipusingkan dengan perangkat mekanikal pnumatik ataupun elektronis yang berpotensi mengganggu proses perpindahan mode 4x2, 4x4 High ataupun 4x4 Low.

“Langkah Suzuki ini dinilai cukup tepat, karena Jimny telah masuk mobil yang niche yang lebih mengunggulkan faktor-faktor selain melulu tentang kenyamanan dan kepraktisan,” terang Daniel Edward dari MMC Workshop salah satu pebengkel Suzuki Jimny di Indonesia. “Sebagai pecinta Jimny, saya merasa bahwa langkah ini cukup tepat karena penampilan SUV ini menjadi lebih maskulin dan unik,” lanjut pria yang menekuni Jimny sejak 20 tahun silam ini.

Langkah Suzuki ini mengingatkan pada konsep yang diterapkan oleh Jeep pada produk Wranglernya. Di mana hingga generasi JL Wrangler yang merupakan generasi terkini Wrangler tetap mempertahankan tongkat transfercase mekanik. Sebelumnya Jeep mengungkapkan bahwa dipertahankannya tuas transfercase pada Wrangler, selain mempertahankan kesan klasik sebuah kendaraan 4x4 juga menghindari adanya malfungsi dari perangkat elektrik pada sistem perpindahan dengan tombol atau pun switch.

Jimny Gen III edisi awal JB33 masih menggunakan tuas tranfercase manual.
Jimny Gen III JB43 menggunakan tombol untuk pengoperasian sistem 4x4nya.

 

 
Related
Updates

otodriver.com