LED menjadi fenomena baru dalam industri otomotif. Tak hanya lebih cantik dipandang, lampu LED memiliki banyak keunggulan dibandingkan lampu konvensional.

Inilah Keunggulan Lampu LED Dibandingkan Lampu Konvensional

 
Inilah Keunggulan Lampu LED Dibandingkan Lampu Konvensional

LED menjadi fenomena baru dalam industri otomotif. Tak hanya lebih cantik dipandang, lampu LED memiliki banyak keunggulan dibandingkan lampu konvensional.

Sudah lebih dari hitungan jari, mobil modern yang menggunakan Light Emitting Diode (LED) sebagai sumber lampu utama maupun lampu peringatan atau tanda lainnya. 

Walaupun saat ini masih terhitung lebih mahal dan rumit jika dibandingkan lampu konvensional, namun produsen mobil berbondong-bondong mengaplikasikan lampu LED ini pada produknya.

Karena lampu LED memiliki beberapa manfaat lebih dibandingkan lampu konvensional yang menggunakan elemen listrik.

“Dari aspek fungsi, lampu dengan sumber daya LED dinilai lebih awet dan ekonomis dalam pemakaian listrik. Selain itu tidak mengeluarkan panas berlebih seperti lampu dengan bohlam konvensional, yang berpotensi membuat mika lampu lebih cepat kuning dan buram (jika digunakan sebagai headlamp,red),” jelas Rosid dari HMS Teknik di bilangan Jakarta Timur.

Selain konsumsi listrik yang rendah dan hampir tidak menimbulkan panas, LED juga memiliki keunggulan dari segi umur pakai. 

“Dari umur pakai, LED lebih unggul dibandingkan lampu dengan bohlam biasa. Umumnya bohlam konvensional mampu bertahan 1.000 jam sedangkan LED 30.000 jam,” sambungnya. Selain itu pria berdarah Betawi ini menjelaskan bahwa teknologi LED ini berpengaruh juga pada desain jadi lebih bebas dan luwes.

Menurutnya, dengan LED yang sangat memungkinkan membentuk desain lampu utama maupun lampu belakang dengan bentuk yang tipis, memanjang maupun besar sekalipun. Lebih luwes dalam desain, sehingga pabrikan bisa membuatnya dalam bentuk yang unik.

Hal-hal disebut barusan, tentu mengacu pada penggunaan LED untuk pabrikan mobil. Tak kalah menariknya, ketika penggunaan LED ketika merambah ke dalam area aksesori mobil.

Saat LED belum menyala, maka akan berwarna bening. Hal ini sangat menguntungkan ketika digunakan sebagai aksesori. “Hal ini menguntungkan karena bisa dipasangkan pada jenis mika berwarna putih bening tanpa harus takut kehilangan estetika,” sahut Wira Sentosa, dari SpeedGlow Pondok Gede.

Belum lagi, keleluasaan memilih warna, karena LED memiliki  beragam warna pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. "Terdapat beragam warna, mulai merah, ungu, putih, orange, hijau dan lain-lain, namun demikian jangan lantas ngawur dalam memilih jenis warna lho,” papar Wira.

“Pilih warna nyala LED sesuai dengan regulasi warna yang menjadi standar kendaraan. Warna lampu rem harus merah dan lampu sein berwarna orange,” ia mewanti-wanti.

Keunggulan lain adalah, dibandingkan lampu biasa, LED akan menyala yang lebih cepat, sekitar 0,2 detik lebih cepat.   

 
Related
Updates

otodriver.com