Car Review Indonesia

 
 
 

Inilah Perbedaan Karakterisik Tipe Ban Bridgestone

| 13 September, 2016
 
 

Bagi para konsumen di Indonesia, ban Bridgestone masih menjadi pilihan utama. Lalu, bagaimana karakteristik yang ditampilkan setiap ban merek Bridgestone?

Saat ini Bridgestone menduduki peringkat kedua sebagai produsen ban terbesar di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1931 ini juga menjadi satu-satunya produsen ban yang memasok ban untuk mobil Formula 1, salah satu ajang balap mobil paling bergengsi di bumi.

Karena nama besarnya, brand yang satu ini selalu menjadi pilihan utama para pemilik roda empat. Dibuat dengan karet berkualitas terbaik, hingga saat ini Bridgestone dianggap punya daya tahan yang paling bagus dibanding ban lainnya.

Untuk para pengguna ban bermerek Bridgestone, kali ini Carreview.Id ingin memaparkan kemampuan dan keunggulan macam-macam tipe ban Bridgestone sesuai karakteristiknya masing-masing :

Bridgestone Ecopia

Ecopia adalah produk ban yang memberikan tambahan value untuk konsumen, yaitu ‘Saving’ dan ‘Eco Friendly’.  Saving pada bahan bakar dan Saving bagi kantong konsumen. Eco Friendly, dengan hambatan gulir rendah dapat menurunkan emisi CO2 yang membuat ban ini ramah untuk lingkungan, untuk keluarga kita dan masa depan kita.

Dibuat dengan teknologi kompon Nano Pro-Tech, Ecopia mampu menurunkan koefisien hambatan gulir dengan mengurangi hilangnya energi pada puncak kompon selama bergulirnya ban. Ban ini juga dikombinasikan dengan desain tapak ban yang menghubungkan blok dan rib yang tipis sehingga meningkatkan kinerja tekanan kontak ban dengan jalan serta pengereman saat kondisi basah.

Jika dibandingkan dengan produk-produk Bridgestone yang ada saat ini dalam jenis yang sama, Ecopia EP150 memiliki hambatan gulir 23% lebih baik, sehingga membuatnya secara rata-rata 3% lebih hemat bahan bakar serta sekitar 3% lebih sedikit menghasilkan emisi gas buang karbon dioksida.

Ecopia lebih hemat bahan bakar

Bridgestone Turanza

Turanza dibuat menggunakan bahan polimer yang membuat karakteristik ban tipe ini mampu mengurangi hambatan laju ban tanpa mengorbankan performanya dalam kondisi jalanan yang basah. Masuk kedalam produk ban ramah lingkungan, Turanza juga dibuat di pabrik Bridgestone yang terletak di Karawang.

Jika dilihat dari tapak ban, Turanza memiliki celah-celah alur yang efisien dan berguna untuk membuang air sehingga mampu mencegah terjadinya aquaplaning. Paduan komponen telapak silica dan blok-blok segitiga 3 dimensi yang unik mampu meningkatkan pengendalian dengan baik di jalan basah.

Fitur lainnya yang tertanan di dalamnya adalah profil Flat Contact Patch (FCP), yang memberikan efisiensi pergesekan antara ban dan jalanan sekaligus mencegah deformasi ban dan mengurangi keausan sehingga mampu meningkatkan usia pemakaian ban.

Turanza memiliki keunggulan di jalan basah

Bridgestone Potenza

Potenza merupakan salah satu tipe ban dari Bridgestone yang memiliki tiga alur dan dua tulang bagian tengah serta dalam. Keunggulan ban ini adalah menawarkan pengendalian yang sangat baik.  

Kestabilan luar biasa mampu membuat pengendara memasuki tikungan dengan aman. Sebuah kombinasi yang menyatukan block bagian luar dan dalam mampu memberikan level kestabilan lebih tinggi dengan menambahkan tingkat kekakuan yang mampu menahan gaya lateral pada saat menikung.

Potenza tawarkan pengendalian terbaik

Bridgestone Techno

Techno adalah ban standar Bridgestone dengan kualitas yang dapat diandalkan dan tanpa kompromi dengan Safety Performance.Techno juga dirancang khusus untuk pemakaian umum di seluruh permukaan jalan di Indonesia.

Ban ini juga telah dibuat sesuai dengan karakteristik jalan di Indonesia yang dipenuhi dengan tikungan berkelok, jalan dengan pengereman tingkat tinggi dan standar keamanan yang baik. Saat ini Bridgestone Techno juga telah ditawarkan kepada para APM  untuk dipersiapkan menjadi ban OEM para hatchback baru di Indonesia.

Techno cocok untuk kondisi jalan di Indonesia

 

Tag : #Bridgestone  # Ecopia  # Turanza  # Potenza  # Techno 

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]