Saat ini lampu depan LED sudah jamak digunakan mobil-mobil baru. Apa saja keunggulan dan kekurangannya? Berikut ini pemaparannya

Keunggulan dan Kekurangan Lampu Depan LED

 
Keunggulan dan Kekurangan Lampu Depan LED

Saat ini lampu depan LED sudah jamak digunakan mobil-mobil baru. Apa saja keunggulan dan kekurangannya? Berikut ini pemaparannya

Salah satu fitur standar pada mobil-mobil mewah masa kini tentu adanya lampu utama berteknologi LED.

Dengan bohlam LED, saat ini dianggap sebagai fitur modern yang mampu menambah gengsi pemilik kendaraan. Selain itu, kehadirannya juga dapat mendongkrak penampilan mobil Anda.

Berbicara sisi teknis, jenis bohlam LED ini memiliki berbagai kelebihan di antaranya adalah hemat energi, memiliki usia lebih panjang dan juga menghasilkan panas jauh lebih rendah dibandingkan dengan lampu halogen.

Namun apa yang menjadi kekurangan jenis lampu ini?

Baru-baru ini RAC sebuah badan otomotif di Inggris melaporkan bahwa cahaya yang dihasilkan oleh LED ini terlalu tajam dan terang. Seperti dilansir di The Telegraph (24/03), mengatakan bahwa menurut laporan 155 pengemudi nyaris celaka oleh pedar sinar lampu LED yang digunakan pada kendaraan lain. Sinar yang dihasilkan diode ini terasa tajam dan menyilaukan mata.

“Sinar lampu LED lebih terarah dan lebih fokus dibandingkan dengan cahaya yang berasal dari bohlam halogen. Selain itu, cahaya yang dihasilkannya pun berwarna putih kebiruan sehingga nampak lebih terang dibandingkan dengan cahaya yang dihasilkan halogen,”kata Stephen Dixon, seorang ahli pencahayaan di Quality Light Source Factory.

Lebih lanjut RAC mengatakan bahwa lampu LED memiliki intensitas cahaya terlalu tinggi dan juga terlampau cerah sehingga menimbulkan masalah tersebut.

Kabarkan persoalan yang terdapat pada lampu LED tengah menjadi bahan pembahasan dan penelitian badan pembuat undang-undang di Inggris Raya. Dan diharapkan bahwa dalam waktu dekat ini dapat diketahui hasil pembahasan ilmiah dan jalan keluarnya.

 
Related
Updates

otodriver.com