Ada tiga jenis standar aki yang beredar di Indonesia, semuanya memiliki fungsi sama namun memiliki perbedaan spek dan fisik. Apa saja ciri-ciri khusus masing-masing aki?

Mengenal Beberapa Perbedaan Tipe Aki yang Beredar di Pasaran

 
Mengenal Beberapa Perbedaan Tipe Aki yang Beredar di Pasaran

Ada tiga jenis standar aki yang beredar di Indonesia, semuanya memiliki fungsi sama namun memiliki perbedaan spek dan fisik. Apa saja ciri-ciri khusus masing-masing aki?

Aki merupakan bagian dari sistem kelistrikan pada sebuah mobil. Peranti ini merupakan wadah yang menampung cadangan listrik pada kendaraan, salah satu fungsinya adalah untuk melakukan starter mesin.

Walau memiliki fungsi yang sama, namun pada kenyataannya aki memiliki perbedaan sesuai dengan standar yang dipergunakan pada mobil. Perbedaan ini terlihat dari ciri fisik dan juga dimensinya.

Tipe JIS (Japanese Industrial Standard), memiliki pole (kutub) aki menonjol di atas bodi. Sesuai dengan namanya, jenis aki ini menjadi standar yang dipergunakan pada mobil-mobil Jepang. 

Tipe JIS memiliki kepala Aki nongol di atas bodi

Sedangkan DIN ( Deutsches Institut für Normung) secara fisik memiliki pole (kutub) yang tenggelam ke dalam bodi akinya. Jenis aki ini banyak dipergunakan oleh mobil-mobil bikinan Jerman atau mobil buatan Eropa dan Amerika.

“Khusus untuk produk aki DIN posisi kutub positif (+)nya berada di sebelah kiri,” terang Eron Edwin dari FAST, salah satu retail aki yang berada di bilangan Pancoran Jakarta Selatan.

“Sedangkan untuk JIS pada umumnya memiliki posisi kutub (+) di sebelah kanan. Walau pada beberapa produk ada juga tipe JIS yang memiliki posisi kutub (+) di sebelah kiri yang ditandai dengan penambahan huruf L (Left) pada kode yang berada pada bodi akinya,” imbuhnya.

Tipe DIN kepala Aki sejajar di dalam bodi aki

Sedangkan terdapat satu jenis aki lagi yang disebut sebagai tipe JASO (Japanesse Automotive Standard Organization). Secara fisik dan dimensi memiliki kesamaan dengan JIS, hanya saja tipe JASO ini memiliki kapasitas ampere lebih besar dari JIS.

Tipe JASO memiliki ukuran sama dengan JIS  namun punya Ampere lebih besar

“Tipe JASO ini ditujukan bagi mereka yang menggunakan aki JIS namun menginginkan upgrade ampere yang lebih besar tanpa harus memperbesar dimensi aki,” tutup Eron

 

 
Related
Updates

otodriver.com