Obyek yang nampak pada cermin spion Anda lebih dekat dari yang sesungguhnya.

Mengenali Cara Kerja Kaca Spion

 
Mengenali Cara Kerja Kaca Spion

Obyek yang nampak pada cermin spion Anda lebih dekat dari yang sesungguhnya.

Kaca spion hadir untuk menjadi ‘mata’ yang mengawasi sisi belakang dan samping kendaraan. Namun, perlu diketahui bahwa kaca cermin yang digunakan merupakan kaca khusus yang tidak bisa disamakan dengan kaca cermin di rumah.

Letak keistimewaan dari cermin kaca spion ini adalah permukaannya yang cembung. Jenis kaca ini disebut sebagai kaca cermin convex atau kaca dengan permukaannya cembung.

Permukaan kaca yang cembung tersebut menyebabkan distorsi yang menyebabkan pantulan gambar jadi lebih lebar dan luas. Sehingga, pandangan yang dihasilkannya pun lebih lebar dan luas dibandingkan kaca datar. Dengan demikian, pandangan dapat lebih luas.

Namun, perlu disadari bahwa distorsi yang disebabkan kaca cermin convex ini ada konsekuensinya. Gambar yang dipantulkannya nampak lebih jauh dari kondisi yang sesungguhnya. Untuk beberapa hal kadang membuat orang bingung atau salah kalkulasi mengenai jarak yang sesungguhnya.

Oleh sebab itu beberapa produsen kendaraan memberikan peringatan ‘objects in the mirror are closer than they appear’ alias obyek yang terlihat dicermin lebih dekat dari yang sebenarnya.

 
Related
Updates

otodriver.com