Pihak Mitsubishi akan memberikan spesifikasi lengkap Small MPV barunya pada World Premiere di GIIAS 2017. Namun dari beberapa data, dapat diperkirakan mesin inilah yang jadi jantungnya.

Mitsubishi : Besar Kemungkinan Inilah Mesin Yang Digunakan Sang MPV Baru

 
Mitsubishi : Besar Kemungkinan Inilah Mesin Yang Digunakan Sang MPV Baru

Pihak Mitsubishi akan memberikan spesifikasi lengkap Small MPV barunya pada World Premiere di GIIAS 2017. Namun dari beberapa data, dapat diperkirakan mesin inilah yang jadi jantungnya.

PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenalkan kepada media sosok yang begitu fenomenal yang dikenal dengan ‘next generation MPV’

Meski telah diperlihatkan wujudnya, namun pihak Mitsubishi sendiri masih menutup rapat-rapat beberapa hal, seperti nama yang akan digunakan, juga spesifikasi dapur pacu yang digunakan mobil yang akan bertarung di kelas Low MPV ini.

Namun, ada data yang bisa dijadikan acuan penggunaan mesin pada MPV anyar dari Mitsubishi ini. Seperti mesin tersebut berkapasitas 1.500 cc, berbahan bakar bensin, sudah menggunakan teknologi katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control). Meski berapa output dari mesin yang digunakan tetap dirahasiakan. 

Berdasarkan data tersebut, kami memperkirakan beberapa pilihan mesin yang mungkin digunakan oleh Small MPV Mitsubishi ini.

       1. Mitsubishi 4A91

Dari jajaran mesin berteknologi modern Mitsubishi, dapur pacu di kelas 1,5 liter ini sangat besar kemungkinannya untuk digunakan pada Small MPV Mitsubishi tersebut.

Mesin 4 silinder, berkapasitas 1.499 cc, DOHC, 16 katup MIVEC ini, mampu menghasilkan tenaga 118 dk (120PS)/6.000 rpm dan torsi puncak 145 Nm/4.000 rpm. Performa yang lebih dari cukup untuk membawa bodi Small MPV baru tersebut.

Sebagai perbandingan, Mitsubishi L300 yang lebih bongsor, menggunakan mesin 4D56 dengan torsi puncak 133 Nm.

Mengingat reputasinya pun cukup baik, ketika digunakan pada hatchback Mitsubishi Colt, serta menjadi salah satu opsi mesin untuk Mitsubishi Lancer, maupun mobil kerjasama Mitsubishi Smart ForFour.

       2. Nissan HR15DE

 

Sempat beredar kabar, bahwa dikarenakan Mitsubishi melakukan kerjasama dengan Nissan, ada kemungkinan menggunakan mesin Nissan HR15De ini.

Mesin yang juga digunakan oleh Nissan Grand Livina, Juke, dan Evalia ini memiliki kapasitas mesin 1.500 cc bertenaga 100 dk dan torsi 134 Nm.

Namun, jika kembali kepada data yang diberikan pihak Mitsubishi kepada media,  yaitu ‘Next generation MPV’ ini menggunakan mesin 1.500 cc berteknologi MIVEC, yang mana merupakan teknologi dari Mitsubishi, maka besar kemungkinan mesin HR15DE ini bukanlah mesin yang digunakan sang Small MPV baru tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT MMKSI, bahwa semua spesifikasi ini akan bisa dilihat langsung pada GIIAS 2017 mendatang. "Pada World Premiere mobil ini di GIIAS 2017, akan diungkapkan spesifikasi secara lengkap," Kondo-san.

Cukup penasaran dengan ‘Next generation MPV ini' ? Kunjungi GIIAS 2017 pada 10-20 Agustus mendatang.

 
Related
Updates

otodriver.com