Dulu lebih dikenal sebagai Trip Computer, namun kini jamak disebut sebagai Multi Information Display (MID). Tahun berapa fitur ini pertama kali diaplikasikan?

Multi Information Display

 
Multi Information Display

Dulu lebih dikenal sebagai Trip Computer, namun kini jamak disebut sebagai Multi Information Display (MID). Tahun berapa fitur ini pertama kali diaplikasikan?

Multi Information Display (MID) dapat kita katakan sebagai salah satu fitur penting yang tertanam pada mobil modern saat ini.

Perannya sangat vital, karena dapat memberi beragam informasi seperti temperatur eksternal mobil, odometer, jam ataupun rata-rata pemakaian konsumsi bahan bakar dan estimasi jarak yang bisa ditempuh. 

Namun jika merujuk pada 15 - 20 tahun silam, perangkat ini merupakan sesuatu yang asing dan sulit ditemukan. Hanya segelintir mobil yang menggunakannya dan itu pun sebatas mobil mewah saja.

Menelisik sejarahnya, perangkat ini justru diperkenalkan pertama kali sebagai perlengkapan aksesoris rally pada tahun 50-an yang dibuatkan oleh Halda Speedpilot. Perangkat bikinan produsen asal Swedia ini sepenuhnya merupakan perangkat mekanikal yang mengkombinasikan kecepatan dan jarak tempuh tiap menitnya.

Halda Speedpilot mengaplikasikan MID pertama kali pada Saab GT750 lansiran tahun 1958. Namun sebenarnya, pada tahun 1952 Fiat 1900 pun sudah dilengkapi dengan perangkat sejenis ini yang hanya menunjukkan kecepatan rata-rata. Dalam bahasa Italia disebut sebagai mediosport.

Setelah itu, ada General Motors yang menyuguhkan alat lebih kompleks untuk memberikan informasi pemakaian rata-rata bahan bakar hingga jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bahan bakar yang ada.

Perangkat ini pertama kalinya dipasangkan sebagai opsi pada Cadillac Seville di tahun 1978 yang disebut sebagai Cadillac Trip Computer dan mengunakan tampilan digital.

Karenanya, Sevile dianggap sebagai mobil Amerika pertama atau bahkan mobil pertama di dunia yang menggunakan perangkat tersebut.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi. Kini MID pun berkembang pesat memberikan informasi lain seperti tekanan angin pada ban dan tak lagi menjadi domain mobil mewah saja. Penggunaan Multi Information Display pun menjadi lebih populer dibandingkan Trip Computer.

Halda Speedpilot ditengarai sebagai MID pertama

 

 
Related
Updates

otodriver.com