Berbeda dengan kaca biasa, yang pecahannya berupa beling tajam, kaca pada mobil dirancang khusus agar aman untuk orang di dalam mobil.

Safety Glass Untuk Mobil

 
Safety Glass Untuk Mobil

Berbeda dengan kaca biasa, yang pecahannya berupa beling tajam, kaca pada mobil dirancang khusus agar aman untuk orang di dalam mobil.

Kaca pada mobil tentu tidak bisa disamakan dengan kaca jendela rumah. Atas alasan keamanan, kaca rumahan tidak diperbolehkan dipakai untuk kaca kendaraan mobil atau kendaraan lainnya.

“Jika pecah, kaca rumah akan membentuk pecahan kaca besar yang tajam meruncing sehingga berbahaya bagi penumpang kendaraan. Berpotensi menyebabkan luka parah,” jelas Wanny Yolanda dari Moro Seneng, specialis kaca mobil di bilangan Senen, Jakarta Pusat.

“Kaca mobil harus menggunakan kaca khusus yang bila pecah akan berbentuk butiran kecil sehingga tidak membahayakan penumpang," lanjut wanita ramah ini.

Tempered Glass atau biasa juga disebut sebagai kaca tempa menjadi jenis yang lazim dipergunakan pada kaca mobil. Jenis ini adalah kaca yang telah melalui tahapan treatment khusus dengan cara dipanaskan, sehingga kaca menjadi lebih kuat dan kokoh. Sebab itu, material ini juga banyak dipergunakan pada gedung-gedung tinggi.

Namun bagi dunia otomotif, tujuan utama dari metode kaca tempered ini bukan semata pada penambahan kekuatannya, namun lebih karena hasil ketika kaca tersebut pecah.

Saat pecah, tempered glass akan menjadi pecahan kecil kira-kira sebesar butiran jagung. Karena itu kadang disebut kaca pecah jagung.

Masih ada satu jenis kaca khusus untuk otomotif. Biasa disebut sebagai laminated glass. Jenis kaca ini terdiri dari beberapa lapisan kaca, karena itu biasa juga disebut sebagai sandwich glass karena berlapis-lapis.

Di antara lapisan kaca satu dengan lainnya, terdapat lapisan interlayer yang menggunakan bahan polyvinyl butyral (PVB) atau ethylene-vinyl acetate (EVA). Material inilah yang 'memegang' kaca. Sehingga lapisan kaca akan mencegak pecahan kaca berhamburan, yang bisa melukai penumpang. Jenis kaca laminated glass ini biasa dipergunakan untuk kaca depan mobil.  

Tempered glass menjadi butiran saat pecah
Kaca laminated memiliki lapisan khusus yang menahan pecahan kaca tidak berhamburan.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com