Car Review Indonesia

 

CarPedia : Jenis Sasis/Rangka Mobil

Ladder frame merupakan rangka yang paling sering digunakan. Terdiri dari rangka dengan konstruksi C, H atau kotak (gabungan dua C). Malah hingga kini, rangka model seperti ini masih digunakan pada truk atau pikap dan beberapa SUV.

Perimeter Frame, digunakan sebelum desain rangka monokok atau unibody banyak dipakai. Rangka ini mirip ladder frame, namun bagian tengah lebih lebar, sehingga memungkinkan dek bodi lebih rendah, namun tipe seperti ini diklaim kurang kuat.

Unibody atau monokok, digunakan agar desain mobil lebih rendah, lebih ringan dan simple, walau kekuatannya tak seperti ladder frame.

Subframe, seolah gabungan antara ladder frame dengan unibody, di mana pada rangka di bawahnya terdapat ladder frame yang diselubungi dengan rangka lain yang menyatu hingga pilar-pilar dan atap. Subframe ini biasanya jadi tempat bertengger suspensi, mesin dan perangkat-perangkat lainnya.

Tag : #Sasis  #Ragam Sasis 

Share this article

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]