Sabuk pengaman merupakan perangkat keselamatan standar yang perannya sangat vital pada kendaraan. Apa saja jenis-jenisnya?

carpedia : Sabuk Pengaman dan Jenis-Jenisnya

 
carpedia : Sabuk Pengaman dan Jenis-Jenisnya

Sabuk pengaman merupakan perangkat keselamatan standar yang perannya sangat vital pada kendaraan. Apa saja jenis-jenisnya?

Sabuk pengaman merupakan sebuah alat yang dirancang untuk menahan seorang penumpang agar tetap di tempat apabila terjadi tabrakan atau yang lebih lazim terjadi bila mobil berhenti mendadak.

Oleh sebab itu, sabuk pengaman dirancang untuk mengurangi luka dengan menahan si pemakai dari benturan dengan bagian-bagian dalam mobil atau terlempar dari dalam mobilnya. Di dalam mobil, sabuk pengaman juga mencegah penumpang yang duduk di kursi belakang membentur penumpang yang duduk di barisan depan.

Melihat fungsinya yang sangat vital sebagai alat keselamatan, sabuk pengaman juga memiliki beberapa jenis yang sering kita temui dipasaran saat ini.

Berikut beberapa jenis sabuk pengaman :

  • Pangkuan : Sabuk pengaman yang dapat disesuaikan yang melintang di atas pangkuan. Sabuk ini sering digunakan di mobil-mobil tua, atau biasanya ditemukan pada penumpang yang duduk di tengah atau baris paling belakang. Kursi-kursi penumpang pesawat terbang juga menggunakan sabuk pengaman pangkuan.

  • Dua Titik : Mengaplikasikan sistem penahan dengan dua titik layaknya sabuk pangkuan atau sabuk diagonal, model seperti ini kini jarang ditemui.

  • Otomatis : Sabuk ini merupakan berbagai jenis tipe yang secara otomatis terpasang. Sabuk seperti ini biasanya digunakan pada mobil-mobil mewah jaman dahulu, seperti Ford awal tahun 1990an.

  • Sash : Sabuk yang dapat disesuaikan melintang melewati bahu. Peredarannya banyak pada tahun 1960-an, tetapi kegunaannya terbatas karena sangat mudah terlepas bila terjadi tabrakan.

  • Pangkuan dan Sash : Kombinasi dari dua jenis sabuk pengaman ini banyak ditemui pada mobil lansiran 1960-1970an. Biasanya sabuk ini terpasang pada kursi belakang.

  • Tiga Titik : Jenisnya serupa dengan model pangkuan dan sash, tetapi memiliki bentuk satu jaringan. Baik sabuk pengaman tiga titik maupun jenis pangkuan dan sash sama-sama menahan tubuh yang bergerak dalam sebuah tabrakan ke arah dada, selangkangan dan bahu.

 

otodriver.com