Strategi sederhana namun cukup jitu untuk hasil yang optimal dan efektif. Ikuti kiat-kiat mencuci mobil berikut ini

Begini Urutan Mencuci Mobil yang Baik dan Benar

 
Begini Urutan Mencuci Mobil yang Baik dan Benar

Strategi sederhana namun cukup jitu untuk hasil yang optimal dan efektif. Ikuti kiat-kiat mencuci mobil berikut ini

Mencuci mobil bagi sebagian orang merupakan suatu rutinitas yang perlu ketelitian. Oleh sebab itu, dibutuhkan kiat dan strategi tersendiri dalam mencuci kendaraan. Jika kita mengikuti cara-cara yang benar, maka kita akan mendapatkan hasil kinerja yang efektif.

“Harus ada urutannya, supaya hasilnya efektif dan optimal,” jelas Dady Tiasono dari Jeep Craft Unlimited, di bilangan Sunter Jakarta Utara.

“Metode sederhana ini selain lebih efektif dalam hal waktu juga optimal dalam hasil,” lanjut pria yang berpengalaman dengan berbagai mobil off-road ini.

Berikut urutan yang benar :

1. Mengguyur dan membersihkan permukaan bodi

Guyur permukaan bodi dengan air dan bersihkan dengan menggunakan tangan telanjang. Tujuannya hanya untuk meluruhkan kotoran yang menempel seperti pasir ataupun lumpur.

Jangan menggunakan spons atau kain dalam bentuk apapun dalam proses ini. Penggunaan kain dikhawatirkan masih dapat menyimpan pasir atau lumpur yang dapat menggores permukaan cat kendaraan.

2. Bersihkan Area Bawah

Bagian kolong kendaraan dan rongga roda menjadi target selanjutnya. Semprot bagian ini dengan menggunakan air diikuti dengan membersihkan bagian-bagian yang terjangkau dengan menggunakan tangan dan bantuan kuas. Tujuannya supaya kotoran dan pasir yang menempel pada bagian ini luruh.

3. Gunakan Shampoo

Seka bagian bodi atas dengan menggunakan air shampoo. Usahakan menggunakan shampoo khusus untuk cat mobil. Kalau tidak ada bisa menggunakan sabun pembersih piring sebagai penggantinya. Bersihkan bodi bagian atas terlebih dahulu dan kemudian diikuti dengan area bawah.

4. Bilas dan keringkan.

Bilas bagian atas terlebih dulu dengan air bersih dan kemudian diikuti  bilas bagian bawah. Lanjutkan dengan proses pengeringan dengan menggunakan kain chamois.

 
Related
Updates

otodriver.com