Fungsi dari alat ini jelas untuk meningkatkan kinerja pengereman, namun belakangan jadi simbol status juga

Big Brake Kit : Antara Fungsi Dan Penampilan

 
Big Brake Kit : Antara Fungsi Dan Penampilan

Fungsi dari alat ini jelas untuk meningkatkan kinerja pengereman, namun belakangan jadi simbol status juga

Part yang satu ini menjadi bagan terpenting untuk urusan safety pada sebuah mobil. Yap, rem pada mobil memang memegang peranan yang sangat penting. Bisa dibayangkan kalau tidak ada rem bagaimana caranya kita menghentikan laju mobil? Apalagi pada mobil berperforma tinggi, piranti rem standar tentu saja tidak mampu menghentikan laju mobil.

“Harus pakai rem performa tinggi, sebutannya Big Brake Kit (BBK),” jelas Doni Satrio dari bengkel balap Donsa Garage di bilangan Jombang, Bintaro, Tangsel.

Sebenarnya BBK bukan hanya untuk mobil balap saja, “Bisa juga mobil harian yang sudah dimodifikasi mesinnya sehingga powernya jadi lebih besar dan lebih kencang seharusnya sudah ganti dengan BBK ini, seperti yang suka morning run setiap weekend pagi misalnya,” ujar Doni lagi.

“Kelebihan BBK lebih kuat dan lebih tahan panas dibandingkan dengan rem standar, sehingga kinerja rem tetap oke di kecepatan tinggi sekalipun,” tambahnya. Bahkan sudah banyak sports car seperti Porsche dan Ferrari yang menggunakan BBK berbahan composite ceramic yang lebih menjamin safetynya di kecepatan tinggi.

Uniknya, belakangan ini fungsi BBK mulai 'bergeser', BBK banyak terlihat digunakan di mobil ‘standar harian’ yang sudah dimodifikasi terutama bagian kaki-kaki dan peleknya.

“Sekarang banyak yang pakai BBK ini untuk meningkatkan penampilan mobil, selain gengsi juga pastinya,” ujar Andra, modifikator dari rumah modifikasi Platinum di Bukittinggi, Sumbar, yang aktif ikut di kontes modifikasi.

Jujur saja, penampilan mobil akan jadi lebih keren dan sporty jika BBK ini sudah terpasang. Di ajang kontes modifikasi pun BBK ini mendapatkan poin tersendiri, “Semakin besar diameternya dan pakai depan belakang, maka nilainya kaan semakin besar,” tutur Andra lagi. Makanya jangan heran kalau Anda akan semakin sering melihat mobil modifikasi yang dipakai di jalan raya menggunakan BBK ini.

Beragam merek dan ukuran BBK mulai dari Brembo, Willwood, AP Racing, K-Sport, dan lainnya bisa jadi pilihan Anda dengan harga mulai dari Rp 15 jutaan untuk sekennya, sedangkan baru ada yang menjual mulai dari harga Rp 20 jutaan. “Ukuran mulai dari 300 mm sampai 365 mm, baik 4 pot maupun 6 pot,” ujar Wisnu Wardhana dari gerai Pesona Concept di kawasan Cinere, Depok, yang banyak menjual BBK seken. 

Sebagai contoh, "Saya jual BBK Brembo ukuran 365 mm 6  pot ia jual dengan harga kisaran Rp 15 juta sampai Rp 25 juta kondisi seken,“ ujarnya. Selain itu ia juga menjual BBK copotan seperti BBK AMG, “Harganya berkisar Rp 20 juta sampai Rp 45 jutaan, tergantung berapa piston,” ucap Wisnu lagi. Sedangkan menurut Teddy dari SS Performance Shop di Bandung, "Kalau baru harganya mulai dari sekitar Rp 30 jutaan, itu juga tergantung mereknya,".

Sisi positifnya adalah selain kinerja rem makin bagus dan safety meningkat, status sosial si pemilik mobil pun ikutan naik ya!

 
Related
Updates

otodriver.com