Car Review Indonesia

 

Calya-Sigra : Lebih Pas Pakai Pelek 15 Inci

| 27 September, 2016

Walau pabrikan sudah mengeluarkan statement bisa pergunakan pelek hingga 16 inci, namun maksimum pelek 15 inci lebih ideal.

Lingkar roda dan ban milik duo Calya-Sigra memang tengah menjadi perbincangan.

Seperti banyak yang dirasakan oleh pengguna mobil lainnya, bahwa tampilan standar masih belum memuaskan.

Karenanya,masih ada toleransi dari pabrikan, bahkan mengganti ukuran pelek berdiameter hingga 16 inci masih bisa dilakukan. 

Ukuran pelek 16 inci memang cukup menggoda, akan tetapi ukuran lebar ban yang ideal sepertinya kurang bervariasi. Terlebih bila mengikuti jenis dan merek ban bawaan mobil.

“Jika berpatok pada penggunaan jenis ban eco-saver seperti bawaan mobil sebaiknya mengunakan ukuran ban 15 inci saja," jelas Mus Mulyadi dari Autopit, salah satu Toko Model Bridgestone di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur.

“Pendekatannya adalah spesifikasi ban bawaan kendaraan. Di mana selisih lingkar diameter terluar (outer diameter) dan lebar ban tidaklah terpaut jauh dari spesifikasi standar,” ujarnya.

"Walau hanya nambah satu inci untuk peleknya namun sudah lumayan signifikan menyumbang penampilan dan tentunya handling beserta performa mobil tidak akan jauh beda dengan pelek bawaan aslinya,” tambahnya.

R15, PCD 100, lebar 7 inci, offset 38 dinilai paling cocok untuk duo Calya-Sigra.

“Pilihan pelek aftermarket untuk ukuran 15 relatif lebih banyak dibanding 16. Pilihan lebih bervariatif, bisa memilih pelek copotan mobil lain dengan PCD (pitch circle diameter) 100. Pilihan pelek aftermarket juga bisa jadi pilihan,” sahut Yudi dari Jatiwaring Ban.

“Offset pelek yang paling pas adalah 38 dan lebar pelek 7 inci. Sehingga jika dipasangkan pada mobil maka akan lurus, rata dengan bodi,” sambungnya.

Pelek palang lima masih digemari

Pilihan pelek tersedia pula dalam versi multi PCD

“Pelek aftermarket pun dibedakan jadi pelek asli dan replika,” jelas pria berdarah Jawa ini.

“Harga pelek replika ini dikisaran 3-4 jutaan untuk satu set. Namun jika menginginkan pelek aftermarket orisinal, maka harganya pun bisa melambung dengan selisih cukup signifikan bahkan bisa nembus harga hingga dua kali lipat atau bahkan lebih,” tutup Yudi.

Thanks To:

Autopit

Jl. Raya Kali Malang, Kav Billy & Moon No. 3A

Telp: (021) 8641818/8642551

 

Jatiwaringin Ban

Jl. Raya Jatiwaringin No.212. Pondok Gede

Telp : 021-8642636

  

 

Tag : #Calya-Sigra  #pelek ideal  # R15 

Don't miss this stories (Toyota Calya - Daihatsu Sigra)

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]