Taqwa dari Garden Speed memberikan tips sederhana yang bisa dijadikan patokan untuk meracik suspensi ideal untuk mobil Anda.

Cara Ampuh Dapatkan Suspensi Ideal Untuk Mobil Anda

 
Cara Ampuh Dapatkan Suspensi Ideal Untuk Mobil Anda

Taqwa dari Garden Speed memberikan tips sederhana yang bisa dijadikan patokan untuk meracik suspensi ideal untuk mobil Anda.

Berbicara suspensi, tak akan bisa memisahkan antara per dan sokbreker. Keduanya merupakan komponen yang bahu membahu dalam membangun kinerja sistem suspensi.

“Secara umum per memiliki tugas sebagai penahan beban kendaraan sedangkan sokbreker bertugas sebagai penahan pergerakan per,” jelas Taqwa Suryo Swasono dari Garden Speed, salah satu rumah tuning ternama di bilangan Jakarta Selatan. “Dengan demikian, komposisi keduanya harus terukur dan pas.” sambung pria ramah ini.

Taqwa mengatakan bahwa untuk mendapatkan angka pastinya memang harus melalui tahap dyno suspension. Namun secara sederhana kita bisa menentukan pemilihan per dan sokbreker sesuai dengan keinginan kita.

“Jika kita membutuhkan mobil dengan kemampuan muat yang lebih besar maka kita harus memilih per yang lebih keras. Logikanya per tersebut mampu menahan beban lebih berat dibandingkan dengan per yang lebih lembut,” papar Taqwa. “Sangat disarankan untuk mengganti sobrekernya juga ,” wantinya.

“Hal ini perlu diingat untuk tetap mendapatkan suspensi yang nyaman maka dibutuhkan sokbreker yang lebih smooth dan soft,”lanjut pria ramah ini. “Tujuannya untuk mampu mengimbangi kinerja pernya. Bisa dibayangkan kenyamanan jika per keras ketemu sokbreker yang keras,” imbuhnya.

Demikian sebaliknya jika menginginkan per yang lebih lembut namun tidak limbung maka penggantian per yang lebih lembut harus diikuti dengan pemilihan sokbreker yang lebih keras.

Paduan kedua perangkat ini menjadi faktor besar yang mempengaruhi kenyamanan dan daya angkut sebuah kendaraan
 

 

 
Related
Updates

otodriver.com