Sebelum berpergian keluar kota menggunakan mobil pribadi, pastikan ban yang digunakan sudah dalam kondisi prima. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Cara Mudah Menjaga Kondisi Ban Tetap Prima Meski Digunakan Jarak Jauh

 
Cara Mudah Menjaga Kondisi Ban Tetap Prima Meski Digunakan Jarak Jauh

Sebelum berpergian keluar kota menggunakan mobil pribadi, pastikan ban yang digunakan sudah dalam kondisi prima. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Ketika berencana keluar kota menggunakan mobil pribadi, tentu selain fisik, kita juga perlu mengecek segala kelengkapan mobil, apakah dalam kondisi prima atau tidak.

Melihat kondisi ban sudah tampak botak dan ban terasa sering kempes karena saat jalan, maka hal tersebut menjadi peringatan Anda untuk segera mengganti ban mobil Anda.

Berikut ada beberapa cara agar kondisi ban tetap awet walau digunakan dalam perjalanan jauh.

  • Menjaga Tekanan Udara Yang Tepat Pada Ban

Kekurangan tekan angin merupakan hal terburuk yang bisa terjadi pada ban Anda. Hal ini menyebabkan peningkatan keausan pada tepi luar telapak ban (atau bahu). Selain itu, juga dapat menghasilkan panas berlebihan yang mengurangi daya tahan ban.

Di sisi lain, kelebihan tekanan juga berdampak buruk, karena bisa menyebabkan distribusi berat tidak merata di dalam kendaraan, sehingga menyebabkan kerusakan lebih cepat dan keausan tidak merata, juga memperpendek umur ban Anda.

  • Lakukan balancing dan alignment

Memiliki ban yang seimbang dan selaras dengan kendaraan merupakan hal penting bagi keselamatan pengemudi dan umur pakai ban. Lakukan balancing setidaknya sekali setahun. Semua upaya dan investasi yang Anda lakukan untuk menjaga keselarasan dan keseimbangan ban akan terlihat pada jarak tempuh suatu ban, kinerja dan kenyamanan Anda saat mengemudi.

  • Lakukan Inspeksi Visual Secara Berkala

Periksalah bagian telapak ban Anda secara kasat mata, periksa apakah ada benda tajam yang mungkin telah menusuk ban Anda, sekalipun tidak cukup dalam untuk membuat kempes secara langsung. Keretakan pada ban yang disebabkan oleh tusukan kecil juga dapat memperburuk masalah.

  • Lakukan Perbaikan Secara Langsung

Anda harus mengetahui kapan ban harus diperbaiki dan diganti. Jika ban kehilangan tekanan udara, maka ban tersebut harus dikeluarkan dari roda untuk pemeriksaan internal yang lengkap sehingga dapat memastikan ban tersebut tidak rusak. Perbaikan ban juga harus ditangani oleh professional yang terlatih.

  • Belilah ban yang berkualitas baik

“Kualitas ban yang baik dan tahan lama adalah salah satu pilihan terbaik untuk menghemat pemakaian ban dalam jangka panjang. Tidak apa – apa membeli ban yang berkualitas dengan harga sedikit lebih mahal, karena peran ban di dalam kendaraan adalah sangat vital demi keselamatan Anda”, jelas Arfianti Puspitarini selaku Consumer Product & Trade Marketing Manager Goodyear Indonesia.

 
Related
Updates

otodriver.com