Dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, cairan wiper untuk pembersih kaca bisa diracik sendiri. Cara murah meriah ini hanya bermodalkan Rp 9 ribuan saja per liter.

Cara Murah Meriah Membuat Cairan Wiper

 
Cara Murah Meriah Membuat Cairan Wiper

Dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, cairan wiper untuk pembersih kaca bisa diracik sendiri. Cara murah meriah ini hanya bermodalkan Rp 9 ribuan saja per liter.

Cairan wiper merupakan komponen yang penting untuk menjaga agar kaca depan mobil kita tetap bersih dan jernih. Walau bisa saja menggunakan air biasa, namun menurut beberapa pengalaman, air biasa tidak membersihkan secara optimal, terlebih jika kaca depan mendapat kotoran yang mengandung minyak.

Oleh karena itu dibutuhkan cairan khusus yang bisa berperan optimal membersihkan permukaan kaca dari kotoran berminyak. Cairan ini bisa diperoleh di toko, maupun bisa dibuat sendiri dengan cara mudah dan murah. Bagaimana membuatnya?

“Bahannya cukup sederhana dan hanya menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah,” jelas Migrawan Nugroho, salah satu punggawa KIM Motor, Bekasi, Jawa Barat. 

“Mengenai kualitas tidak perlu dikhawatirkan dan yang pasti jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli cairan khusus water washer,” sambung pria yang biasa disapa Ega ini. Ia menyebutkan, bahan bakunya mudah didapat, yaitu air, alkohol dan sabun cuci piring.

Tetapi, supaya mendapatkan hasil yang baik dan optimal, maka diperlukan komposisi yang tepat.

Ega menyebutkan racikan untuk menghasilkan seliter cairan pembersih. Hal utama adalah 1 (satu) liter air, kemudian dicampur dengan 0,2 - 0,3 liter (200-300 cc) alkohol dan sabun cuci piring cair sekitar satu sendok makan.

Ia menyarankan, agar takaran sabun cuci piring jangan terlalu banyak, agar tidak menimbulkan buih berlebihan.  Aduk hingga tercampur merata dan kemudian dimasukkan ke dalam tangki reservoir water washer.

Biaya yang dikeluarkan relatif cukup murah. Harga 1 liter alkohol 90% kurang lebih Rp 30-40 ribu (hanya perlu 200 cc untuk seliter air, sekitar Rp 8 ribu ), sedangkan sabun cuci piring cukup menggunakan versi sachet yang dijuar seribu rupiah saja. 

Murah meriah, bukan?

 
Updates

otodriver.com