Karena sering didiamkan terlalu lama, penampilan mobil kesayangan tentu tak lagi menarik seperti baru. Berikut cara-cara mengembalikan warnanya kembali cerah.

Cat Mobil Anda Nampak Kusam? Lakukan Cara Ini Agar Cat Kembali Cerah

 
Cat Mobil Anda Nampak Kusam? Lakukan Cara Ini Agar Cat Kembali Cerah

Karena sering didiamkan terlalu lama, penampilan mobil kesayangan tentu tak lagi menarik seperti baru. Berikut cara-cara mengembalikan warnanya kembali cerah.

Libur panjang sudah di depan mata, rencana berkunjung ke tempat wisata maupun ke rumah sanak saudara di luar kota seakan tak terbantahkan banyaknya.

Bila Anda yang berencana keluar kota menggunakan transportasi umum, maka mendiamkan mobil selama berhari – hari memiliki dampak yang tidak baik. Meski demikian, menggunakan mobil ribuan kilometer ke luar kota juga berdampak mobil tak lagi prima. Kadang kala kita harus rela mengeluarkan uang lebih untuk dapat mengembalikan performa dan penampilannya seperti sedia kala.

Nah untuk dapat menghadirkan penampilan terbaik kendaraan Anda yang kepayahan selama liburan. Inilah tips mencuci mobil yang benar agar warna aslinya kembali terpancar.

- Hindari Mencuci Saat Kondisi Mobil Terlalu Panas

Sehabis digunakan berpergian ke luar kota atau mudik dengan jarak tempuh yang tidak sedikit, mobil mengalami banyak penurunan kualitas. Usahakan mobil tidak langsung dicuci ketika sampai ke tujuan, diamkan mobil Anda terlebih dahulu sampai panas mesinnya hilang, baru mulai siram bodi mobil dengan air yang memiliki suhu netral (tidak panas, tidak dingin) ke sekujur bodi mobil. Hal ini bertujuan agar panas mesin tidak membuat cat menjadi rontok dan mesin tidak mengalami kerusakan ketika langsung tersiram air.

- Bersihkan Bagian Lampu Menggunakan Kain Berpermukaan Lembut

Bagian lampu adalah salah satu bagian terkotor yang biasanya sulit dihilangkan, meskipun perannya sangat vital, lampu merupakan bagian yang paling sering dilewatkan karena membersihkannya membutuhkan usaha ekstra.

Cara mudah membersihkannya, gunakan kain dengan permukaan lembut yang tipis, pasalnya kita harus menggapai kotoran hingga sela – sela terkecil. Gosok dengan kuat hingga kotoran yang menempel di lampu hilang dan lampu mobil kembali putih bersih, hal ini membuat perjalanan Anda apalagi berkendara di malam hari tetap nyaman dan aman.

- Gunakan Shampoo Mobil Yang Sesuai

Ingat ya kalau shampoo yang digunakan untuk mobil tidak sama dengan yang digunakan pada manusia. Kita harus jeli melihat dan mencari yang terbaik untuk mobil kita, shampoo yang baik digunakan untuk mencuci mobil juga memiliki PH balanced yang kadarnya mencapai PH 7. Kemudian, carilah shampoo yang sudah mengandung brightening agent, agar dapat membantu mencerahkan warna, selain itu usahakan shampoo yang digunakan memiliki daya bersih dan daya lubrikasi yang sangat baik.

- Poles Body Mobil Dengan Obat yang Tepat

Tak bisa dipungkiri, untuk dapat menghadirkan warna cerah alami mobil, Anda perlu mengguakan obat poles yang berkualitas. “Kalau mau warna mobil kembali prima, pilih obat poles mobil yang baik, biasanya harga menentukan kualitas kalo soal perawatan, semakin mahal harga obat poles yang digunakan semakin cerah warna yang akan dihasilkan, karena merek – merek murahan biasanya malah justru membuat cat semakin kusam setelah mobil dibilas,” ujar Lala dari Gearhead Monkey Garage.

- Waxing Mobil Anda 

Waxing atau pemberian wax sering digunakan sebagai lapisan cat mobil. Dengan waxing berarti memberikan lapisan tipis menutupi permukaan cat mobil sehingga mobil selalu nampak mengilap seperti baru. Biasanya mobil harus dicuci bersih dulu, kemudian dikeringkan, setelah itu baru dilapisi wax sesuai dengan aturan petunjuk pada kemasan wax.

 
Related
Updates

otodriver.com