Kaca cermin ini memiliki tingkat kecembungan yang lebih dibandingkan dengan kaca spion bawaan kendaraan. Apa fungsinya?

Fungsi Blind Spot Mirror, Seberapa Penting?

 
Fungsi Blind Spot Mirror, Seberapa Penting?

Kaca cermin ini memiliki tingkat kecembungan yang lebih dibandingkan dengan kaca spion bawaan kendaraan. Apa fungsinya?

Walaupun mobil sudah dilengkapi dengan kaca spion untuk memantau sisi samping dan belakang, namun demikian cermin corvex alias cembung bawaan kendaraan belumlah cukup. Terdapat batasan lengkung yang ditetapkan pada kaca supaya obyek yang nampak pada cermin masih nampak proporsional.

Namun, dengan kondisi spion standar tersebut pandangan tidak terlampu luas dan lebar, kendati sudah lebih baik dibandingkan jenis cermin datar.

Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi dengan memasangkan perangkat tambahan sederhana untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas, namun tetap mendapatkan penampilan yang proporsional. Caranya cukup mudah yakni dengan menambahkan fitur tambahan berupa kaca spion blind spot atau blind spot mirror.

Perangkat ini pada dasarnya merupakan jenis kaca cermin convex alias kaca cembung, namun karena disasar untuk mencakup pandangan yang lebih luas, maka tingkat kecembungannya dibikin lebih ekstrim. Kendati gambar yang dipantulkannya tidak proporsional, namun pandangannya menjadi lebih jauh lebih luas.

Karena tidak proporsional itulah blind spot mirror ditempatkan sebagai pendamping kaca spion bawaan kendaraan. “Sifatnya hanya supporting dari kaca spion standar dan hanya untuk dilihat sesaat untuk memantau kondisi yang lebih luas,” terang Drajat Samiadji salah satu pemilik gerai assesoris di bilangan Kemayoran, Jakata Utara.

Di pasaran, terdapat beberapa jenis blind spot mirror sebagai pilihan. Ada yang ditempatkan pada bagian luar mobil ataupun di dalam kabin kendaraan. “Posisi di luar kabin dan ditempatkan dengan spion bawaan asli mobil menjadi pilihan yang paling banyak ditemui di pasaran,” sambung Drajat.

Khusus penempatan kaca cermin di luar kabin, biasanya ditempelkan pada spion bawaan kendaraan atau jenis lain di bagian atas ataupun bawah spion standar mobil.

Mengenai harga, Drajat mengaku sangat bervariasi mulai dari Rp 30 hingga 100 ribu untuk sepasang kaca. Selain itu, pemasangannya pun tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri.

 

 
Related
Updates

otodriver.com