Berikut tiga hal yang perlu dilakukan agar kaca depan mobil lebih bersih dan nyaman meski berkendara saat hujan.

How To : Dapatkan Pandangan Jelas Ke Depan Saat Berkendara di Musim Hujan

 
How To :  Dapatkan Pandangan Jelas Ke Depan Saat Berkendara di Musim Hujan

Berikut tiga hal yang perlu dilakukan agar kaca depan mobil lebih bersih dan nyaman meski berkendara saat hujan.

Mengemudi saat hujan bisa lebih berbahaya dibandingkan dalam cuaca normal, salah satu yang menjadi perhatian besar tentunya mendapatkan pandangan ke depan dengan baik tanpa terhalang curah hujan.

“Beberapa faktor yang mempengaruhi kebersihan pandangan yakni kondisi kaca, kondisi wiper dan perangkat pembantu lainnya seperti air wiper,” jelas Migrawan dari Kiat Indah Megah Motor, di bilangan Cipendawa Bekasi.

Setidaknya ada tiga tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pandangan maksimal di musim hujan.

1. Kaca

Mengecek kondisi kaca dan pastikan kondisi permukaan kaca bebas dari jamur. Apabila terdapat jamur maka bersihkan dengan obat khusus pembersih jamur kaca. Perhatikan obat pembersih jamur yang sesuai dengan kaca mobil. Sebagai contoh mobil Eropa menggunakan jenis kaca yang berbeda dengan kebanyakan mobil bikinan Jepang.

Selain itu perhatikan bekas goresan wiper pada kaca. Goresan halus pada kaca bisa dihilangkan dengan pasta gigi.

2. Wiper

Kondisi karet wiper harus dalam kondisi baik. Pastikan bahwa karet masih kenyal. Beberapa kondisi  karet dapat diperbaiki dengan membersihkan permukaan bilahnya. Bubuhkan olive oil pada bilah karet supaya kelembabannya terjaga dan karet tetap kenyal. Pastikan juga kondisi mekanikal pada wiper dalam kondisi baik.

Namun apabila karet kaca terlanjut rusak atau keras, segera ganti dengan yang baru.

3. Air Wiper

Pastikan air wiper dalam kondisi penuh dan alat sistem penyemprotnya seperti motor pompa wiper ataupun sistem selang pembaginya dalam kondisi baik dan tidak tersumbat.

 

 
Related
Updates

otodriver.com