Cairan pelumas memiliki peran vital dalam menjaga kondisi mesin agar tetap prima. Selain dapat meminimalisir gesekan antara bagian-bagian mesin, apalagi fungsi lainnya?

Inilah 4 Fungsi Cairan Pelumas Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

 
Inilah 4 Fungsi Cairan Pelumas Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Cairan pelumas memiliki peran vital dalam menjaga kondisi mesin agar tetap prima. Selain dapat meminimalisir gesekan antara bagian-bagian mesin, apalagi fungsi lainnya?

Cairan pelumas nyatanya memiliki peran yang penting untuk mobil. Dengan adanya cairan pelumas tersebut, mesin dapat bekerja dengan lancar dan mulus, karena dapat meminimalisir gesekan antara bagian mesin satu dengan yang lainnya. 

Ketika sebuah mesin dalam keadaan aus, hal tersebut menandakan bahwa mesin membutuhkan cairan pelumas agar dapat kembali bekerja dengan baik. 

Selain beberapa fungsi yang telah disebutkan di atas, ternyata ada fungsi lain dari cairan pelumas yang mungkin Anda tidak ketahui.

1. Cairan pelumas memiliki fungsi penetrasi

Untuk membuka baut ban yang keras, cairan pelumas sangat dibutuhkan karena mampu masuk ke dalam rongga-rongga yang sangat kecil sekali pun. 

Saat musim hujan, ada kalanya saat mur pada ban dan bagian-bagian kecil pada mesin kendaraan sulit dibuka karena terkena air kotor dari jalanan. Di sinilah, fungsi cairan pelumas sebagai pelunak dibutuhkan.

2. Cairan pelumas sebagai anti karat

Semakin bertambahnya usia mesin, bagian-bagian mesin tertentu dapat mengalami korosi atau karat. 

Nyatanya, hal ini dapat ditanggulangi dengan cairan pelumas, karena cairan pelumas pada mesin kendaraan juga berfungsi sebagai anti karat.

Mesin dan bagian-bagian yang rawan karat harus selalu dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel agar kinerjanya tidak terganggu. 

3. Cairan pelumas sebagai pembersih

Selain berfungsi untuk mengurangi gesekan antara logam, cairan pelumas pada mesin kendaraan juga berfungsi sebagai pembersih. 

Mesin kendaraan memiliki bagian-bagian kecil yang sulit untuk dibersihkan.

Di sinilah cairan pelumas yang mampu memasuki rongga-rongga kecil di antara bagian-bagian mesin memiliki peran penting dalam membersihkan bagian tersebut dari kotoran-kotoran yang menempel, yang mampu mengganggu kinerja mesin kendaraan.

4. Cairan pelumas sebagai penghilang kelembaban

Cairan pelumas dapat membantu menghilangkan kelembaban yang ada pada busi dan bagian-bagian mesin lainnya untuk mencegah kendaraan mengalami mogok saat berkendara pada musim hujan.

 
Related
Updates

otodriver.com