Jika karpet kebasahan dan membuat aroma di dalam kabin bau apek, gunakan beberapa bahan ini yang bisa menghilangkan bau di dalam kabin.

Kabin Basah Dan Berbau? Gunakan Bahan Ini Agar Kembali 'Segar'

 
Kabin Basah Dan Berbau? Gunakan Bahan Ini Agar Kembali 'Segar'

Jika karpet kebasahan dan membuat aroma di dalam kabin bau apek, gunakan beberapa bahan ini yang bisa menghilangkan bau di dalam kabin.

Pada saat hujan, sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi kabin kendaraan. Walau tidak banyak, namun air yang terkadang ikut terbawa melalui sepatu, sandal ataupun payung yang basah akan ikut masuk ke dalam kabin.

Apalagi jika kendaraan sempat berhenti di genangan yang cukup tinggi, bukan tak mungkin rembesan air membasahi karpet dalam kabin.

Karpet akan menyerap air dan lembab, sehingga menimbulkan bau tak sedap.

“Sedikit banyaknya air yang terbawa oleh penumpang kendaraan memang menjadi hal yang tak bisa dihindari. Kelembaban yang berdampak akan menimbulkan bau tak sedap pada kendaraan,” jelas Saiful Hidayat, salah satu detailing panggilan yang bermukim di bilangan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

“Sebenarnya kalo mau repot, bisa saja kita sedot dengan vacuum cleaner yang bisa menyedot air dan lanjut keringkan dengan hairdryer pada bagian yang basah tersebut,” tuturnya. “Namun bagi mereka yang sibuk, tentu menjadi hal yang sulit dilakukan,” sambung pria yang banyak menjadi langganan pedagang mobil bekas ini.

Seperti kata Saiful, hal yang paling mengganggu, bukan karena basah, namun dikarenakan bau yang ditimbulkan. Menurut pengalamannya,  menghilangkan bau menjadi target pertama yang harus segera dituntaskan.

1. Bubuk Kopi

“Bau ini bisa dienyahkan dengan meletakkan secangkir bubuk kopi di dalam kabin. Bubuk kopi ini akan mengikat dan menetralkan bau tak sedap yang ada,” ujar lelaki yang disapa Ipul itu.

Lakukan hal ini ketika mobil diparkir di dalam garasi semalaman, lantas keluarkan ketika mobil akan dipakai kembali.

Lebih efektif jika menaruh biji kopi, namun bubuk kopi cukup mudah didapat. 

2. Arang

Arang adalah karbon aktif yang andal dan efektif dalam menyerap bau. Material sederhana ini bahkan mampu untuk menetralisir bahkan bisa memperbaiki kualitas udara. Tempatkan arang di beberapa tempat di dalam mobil dan biarkan selama beberapa hari.

Arang cukup efektif, namun tempatkan di lokasi yang mudah dibersihkan

 3. Cuka

Tuangkan cuka dapur ke dalam sebuah wadah dan tinggalkan selama semalam di dalam kabin mobil. Maka bau tak sedap akan berkurang bahkan hilang sama sekali.

Cuka cukup diletakkan pada wadah dan hanya dipergunakan saat mobil tidak dipergunakan

 

 

 
Related
Updates

otodriver.com