Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mengemudi jarak jauh, salah satunya tentu menjaga kondisi tubuh. Berikut penjelasannya

Kebagian Nyetir Saat Mudik? Baca Dulu Ini

 
Kebagian Nyetir Saat Mudik? Baca Dulu Ini

Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mengemudi jarak jauh, salah satunya tentu menjaga kondisi tubuh. Berikut penjelasannya

Jika Anda berencana mudik ke kampong halaman menggunakan mobil, maka kebugaran jasmani Anda harus dijaga mulai sekarang. Apalagi banyak juga dari Anda yang menempuh jarak hingga ribuan KM.

Oleh karena itu, tak bisa ditawar lagi bahwa istirahat yang cukup dan menjaga pola makan agar kondisi tubuh tetap perlu dilakukan supaya tampil prima pada hari H-nya.

Sementara itu, untuk Anda yang telah menerapkan hal-hal di atas namun tetap merasa kurang istirahat. Berikut ini duta keselamatan berkendara senior menjelaskan alasannya. 

“Tiap orang memiliki data tahan dalam durasi mengemudi, namun rata-rata maksimal empat jam dan harus melakukan istirahat setelahnya,” terang Catur Wibowo, Senior Trainer, Deffensive Driving Training (DDT) ORD Training Center.

“Sedangkan untuk lamanya waktu istirahat cukup variatif tergantung dengan kondisi badan. Jika belum terlalu lelah bisa melakukan penyegaran untuk memperlancar aliran darah alias streaching,” lanjut pria yang akrab disapa Ninot ini.

“Namun jika sudah dirasa mengalami kelelahan harus istirahat dalam waktu lebih lama. Waktu istirahatnya relatif dan disarankan untuk tidur sekitar 30 hingga 40 menit sebelum melanjutkan perjalanan,” imbuhnya.

Ninot menambahkan bahwa sangat disarankan untuk melakukan mengatur managerment pre trip dengan istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Waktu idealnya adalah melakukan tidur selama enam jam sebelum berangkat.

 
Related
Updates

otodriver.com