Hal penting ketika berkendara di musim hujan, adalah menJaga supaya pandangan ke depan tetap jernih. Ini kiat-kiat sederhana yang mudah dikerjakan namun sering kali terlupa.

Kiat Mudah Agar Pandangan Tetap Jernih Di Musim Hujan

 
Kiat Mudah Agar Pandangan Tetap Jernih Di Musim Hujan

Hal penting ketika berkendara di musim hujan, adalah menJaga supaya pandangan ke depan tetap jernih. Ini kiat-kiat sederhana yang mudah dikerjakan namun sering kali terlupa.

Musim hujan telah datang dan bahkan dikabarkan bahwa cuaca dengan curah hujan sangat tinggi berpeluang besar terjadi. Salah satu persoalan yang akan ditemui saat berkendara menembus hujan adalah berkurangnya jarak pandang dikarenakan oleh rapatnya curah hujan yang menyiram kaca depan.

Kondisi ini memang tidak bisa dielakkan, namun setidaknya terdapat beberapa cara yang bisa digunakan, menyiasati berkurangnya pandangan ke depan.

“Kiat ini bisa dilakukan secara terpisah, namun alangkah baiknya jika dilakukan semua proses untuk hasil yang lebih sempurna tentunya,” jelas Migrawan, dari Kiat Indah Motor, di bilangan Pondok Gede, Bekasi.

“Perlu digarisbawahi bahwa cuaca hujan di daerah tropis rata-rata memiliki perubahan yang cukup ekstrem dari cuaca panas ke hujan, sehingga sangat mempengaruhi ‘kesehatan’ dan kondisi kaca secara signifikan,” lanjut pria asal Solo Jawa Tengah ini.

  1. Pandangan akan lebih maksimal apabila kaca jendela terbebas dari jamur kaca. Kiat ini tergolong sebagai kiat yang sifatnya kuratif. Cara yang dilakukan bisa dengan menggunakan obat pembersih jamur khusus atau dengan cara alternatif murah meriah semisal obat pembersih kaca akuarium.
    Jamur kaca sangat mengganggu kualitas pandangan ke depan
  2. Menjaga kekenyalan karet wiper. Tindakan yang dilakukan sifatnya preventif yang menjaga agar kondisi karet wiper tetap kenyal. Caranya cukup mudah dengan mengoleskan cuka dengan campuran air 1 : 1. Bisa juga dengan cara mengoleskan silikon cair khusus karet wiper. Tindakan ini sifatnya preventif dan dapat memperpanjang usia karet wiper.
  3. Jangan sampai resevoir wiper kosong. Isi dengan air bersih menjadi cara paling dasar. Cara yang lebih baik lagi adalah menuangkan cairan yang khusus dirancang untuk peranti ini. Cairan tambahan untuk wiper ini cukup banyak tersedia di pasaran dan harganya pun relatif terjangkau. Namun apabila kepepet , bisa menggunakan alternatif murah meriah yakni dengan mencampurkan sedikit air dengan sabun pencuci piring pada air reservoir wiper. Pastikan bahwa saluran wiper washer tidak tersumbat dan dalam kondisi prima.
    Wiper washer pastikan lancar jaya semburannya
  4. Mengoleskan cairan rain repellent pada permukaan kaca, sehingga air tidak mudah untuk menempel. Efeknya seperti fenomena air dan daun talas. Hal ini cukup berguna terutama pada kaca depan karena air tidak menempel di kaca sehingga pandangan jadi lebih terang. Selain itu cocok digunakan di kaca samping bagian depan, sehingga kaca spion tetap dapat terpantau dengan baik. Berbagai jenis dan harga rain repellent ditawarkan di pasar dengan harga kisaran Rp 40-150 ribuan.
Pantulan kaca spion jernih dan terpantau dengan baik
Water drop repellent sangat membantu membuat jernih pandangan

 

 
Related
Updates

otodriver.com