Cahaya yang terang dan konsumsi listrik yang irit, menjadi salah satu alasan menggunakan LED sebagai lampu utama. Beberapa hal lain menjadikan LED lebih unggul dari Halogen.

Lampu LED : Ada 4 Alasan Kenapa Lampu Utama Sebaiknya Menggunakan LED

 
Lampu LED : Ada 4 Alasan Kenapa Lampu Utama Sebaiknya Menggunakan LED

Cahaya yang terang dan konsumsi listrik yang irit, menjadi salah satu alasan menggunakan LED sebagai lampu utama. Beberapa hal lain menjadikan LED lebih unggul dari Halogen.

Kehadiran LED secara sukses turut menenggelamkan popularitas teknologi perlampuan tempo dulu, termasuk pula di dunia permobilan.

Kini LED telah dipergunakan sebagai lampu utama dan menggunakan jenis LED Hi Power. Dibandingkan dengan LED Hi Power ini, lampu konvensional (sealed beam dan Halogen) telah jauh tertinggal baik teknologi maupun kemampuannya, begitu pula dengan lampu HID yang hitungannya masih tergolong hijau berkiprah. LED muncul dengan berbagai keunggulan yang susah dicari bandingannya.

“Kehadiran LED hampir membuat  teknologi lampu jaman dulu tak berkutik. Saat ini titik lemah LED hanya pada harga jualnya yang masih relatif tinggi,” jelas Vincent Santosa di Asia Motor, yang berwilayah Pondok Gede, Bekasi.

“Memang ada beberapa isu mengenai panasnya komponen hi power LED, namun tetap saja lebih banyak keunggulannya dibandingkan dengan kelemahannya,” sahut Banuarta Darmosoesastro dari Nectar Barn Work yang juga beralamat di seputaran Pondok Gede.

Kesuksesan LED ini kini terbukti dan dipergunakan sebagai lampu utama di berbagai produk mobil kelas premium.

Dan bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti semua mobil dan kendaraan bermotor akan ramai-ramai hijrah menggunakan LED sebagai lampu utamanya.

Kendaraan yang belum dibekali dengan LED Hi power ini pun tidak menemui kendala untuk diaplikasikan jenis lampu ini. Bahkan dipasaran aftermarket cukup berjibun produk yang ditawarkan dan menjadi trend modifikasi

Terdapat 4 hal yang dapat direkomendasikan untuk menggunakan LED sebagai lampu utama pada mobil Anda

  1. Nyala LED relatif lebih cepat mencapai terang sinar secara optimal. Tidak seperti HID yang harus menunggu beberapa saat untuk mencapai sinar optimalnya.
  2. Watt lebih kecil. Otomatis konsumsi listriknya jauh lebih kecil disbanding dengan jenis lampu lain
  3. Tidak pakai ballast. Pemasangan untuk diaplikasikan pada berbagai jenis mobil lebih mudah dan sederhana dibandingkan HID
  4. Umur LED relatif lebih panjang . Beberapa pabrikan seperti Osram, Cree ataupun Phillips mengklaim bahwa umur rata-rata LED adalah 30.000 jam. Semisal rata-rata lampu dinyalakan dalam waktu 10 jam, maka umurnya bisa mencapai 8 tahun.

Thanks to :

Asia Motor                  : 0816 1627773

Nectar Barn Work       : 081297038438

 

 

 

 
Related
Updates

otodriver.com