3.800-4.300 Kelvin merupakan angka yang menunjukkan warna sinar lampu yang paling ideal dan fleksibel untuk mobil. Apa alasannya?

Memilih Lampu Depan LED yang Sesuai. Ini Penjelasannya

 
Memilih Lampu Depan LED yang Sesuai. Ini Penjelasannya

3.800-4.300 Kelvin merupakan angka yang menunjukkan warna sinar lampu yang paling ideal dan fleksibel untuk mobil. Apa alasannya?

Masuknya LED untuk lampu utama merupakan satu lompatan besar dalam rangkaian teknologi lampu kendaraan. Selain memiliki sinar yang cukup terang, lampu LED ini pun cukup ramah terhadap konsumsi listrik dan juga memiliki masa tugas yang lebih lama.

Hampir semua mobil premium lansiran baru telah mengadopsi jenis lampu ini. Sehingga predikat sebagai lampu masa kini pun layak disematkan padanya.

Namun bukan berarti penggunaan lampu ini jadi domain mobil-mobil gress saja. Berkat produk aftermarket mobil lawas pun dapat menikmati teknologi ini.

“Saat ini produk aftermarket lampu LED cukup banyak tersedia di pasar dan menawarkan berbagai bentuk dan spesifikasi lampu,” jelas Vincent Sentosa dari Asia Jaya Motor, Pondok Gede, Bekasi.

“Selain memilih kualitas lampu LED, kita pun wajib memilih warna cahaya lampu aftermarket ini,” sambungnya. “Warna-warna cahaya yang dihasilkan lampu tersebut memiliki tingkat suhu/temperatur yang ditandai dengan satuan Kelvin,” tuturnya.

Vincent mengatakan, sebaiknya memilih lampu LED dengan satuan Kelvin antara 3.800-4.300. Mengapa demikian?

Pastikan speknya 3800-4300 Kelvin 

Untuk mendinginkan komponen lampu kadang unit lampu LED dilengkapi dengan kipas elektrik mini.

Semakin rendah angka maka warna yang dihasilkannya semakin kuning. Sebaliknya, semakin tinggi angkanya maka cahaya yang dihasilkannya semakin biru.

Pabrikan kendaraan memilih angka 3.800-4.300 Kelvin karena dinilai cukup fleksibel dalam pemakaian pada berbagai kondisi cuaca. Semakin tinggi angka Kelvin yang dimilikinya, maka semakin lemah daya tembusnya terhadap kabut dan air hujan.

Selain itu, semakin tinggi angka Kelvinnya maka cahaya lampu yang dibuatnya semakin tajam dan menyilaukan penggendara lainnya.

Sinar lampu Halogen (kiri) vs sinar lampu LED
 
Related
Updates

otodriver.com