Mempercantik kabin mobil Anda tentu boleh-boleh saja, tapi kalo sampai menutupi pandangan bisa mengancam keselamatan dalam berkendara.

Menggantung Hiasan di Spion Tengah, Baik atau Tidak?

 
Menggantung Hiasan di Spion Tengah, Baik atau Tidak?

Mempercantik kabin mobil Anda tentu boleh-boleh saja, tapi kalo sampai menutupi pandangan bisa mengancam keselamatan dalam berkendara.

Pandangan ke depan yang bersih dan luas tentu membuat pengemudi semakin nyaman ketika berkendara.

Namun, seringkali kita terganggu benda-benda hiasan yang menghalangi pandangan ketika mengemudi. Salah satu yang paling menonjol adalah menggantungkan berbagai benda pada kaca spion tengah.

“Spion tengah menjadi tempat yang biasa digunakan untuk menggantung benda-benda hiasan seperti gantungan ataupun tasbih. Namun tak jarang menjadi mangkalnya barang lainnya seperti name text, parfum kerta dan lain sebagainya,” jelas Catur Wibowo, Senior Trainer, Deffensive Driving Training (DDT) ORD Training Center.

“Bukannya tidak boleh sama sekali untuk menggantungkan barang di tempat tersebut, namun perlu diingat juga tentang dimensi benda yang akan digantung. Jika terlalu besar dan menyita pandangan. Maka harus dipertimbangkan kembali untuk dipasangkan,” terang pria yang akrab disapa Ninot ini.

“Alasan utamanya, jelas akan menutupi pandangan terlebih ketika barang tersebut bergerak-gerak (bergoyang-goyang) saat mobil bergerak,” imbuhnya.

Selain itu Ninot menambahkan bahwa terdapat faktor lain yang dapat mengganggu pandangan. Semisal penggunaan stiker yang terlalu besar pada kaca depan, atau meletakkan benda-benda seperti boneka di dasbor. “Mungkin tidak akan secara langsung menutupi, namun bayangan benda-benda tersebut yang dipantulkan oleh kaca akan sangat mengganggu,” tutupnya.

Oleh karena itu, untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk mengantungkan dan meletakkan benda yang terlampau besar pada areal tersebut,    

 

 
Related
Updates

otodriver.com