Beberapa cara sederhana untuk menjaga rem tromol tetap prima di musim hujan.

Menjaga Kondisi Rem Tromol Di Musim Hujan

 
Menjaga Kondisi Rem Tromol Di Musim Hujan

Beberapa cara sederhana untuk menjaga rem tromol tetap prima di musim hujan.

Saat berkendara dalam kondisi hujan deras, tak jarang tunggangan dengan terpaksa menerjang genangan air, bahkan jalanan yang banjir. Kondisi ini akan berpengaruh pada komponen rem di mobil, terutama jenis rem tromol yang rentan 'menampung' air di dalamnya.

“Bagian yang cukup rentan berkenaan dengan genangan air adalah rem yang masih menggunakan tromol,” jelas Jumadi dari Bengkel Garden Restorasi, di bilangan Cikunir, Pondok Gede, Bekasi. “Hal ini semakin diperparah apabila mobil sempat terendam lama dalam genangan air,” sambungnya.

Pria yang biasa menangani mobil tua ini mengingatkan, bahwa tak jarang genangan air yang diterjang mengandung pasir ataupun lumpur. Air bisa saja luruh ataupun kering karena panas yang ditimbulkan oleh gesekan saat proses pengereman. Namun, lumpur dan pasir lembut ini tetap di dalam tromol. “Akibatnya tromol akan terkikis oleh pasir ataupun kotoran yang tertinggal,” lanjut pria yang biasa disapa Jum ini.

Oleh karena itu, Jum sangat menyarankan, untuk melakukan pengecekan rutin untuk memastikan bahwa kondisi bagian dalam tromol aman dan bersih. “Jika sampai terendam lama, saya sarankan untuk membuka tromol dan membersihkannya,” sahutnya. 

“Dalam proses bersih-bersih ini, cukup mengandalkan sabun colek saja, yang dikuaskan untuk membersihkan bagian dalam tromol. Namun kemudian harus dibilas hingga bersih dengan air,” tutupnya. Tentunya harus dipastikan benar-benar kering, agar tidak menyebabkan komponen di dalam rem tromol berkarat.

 
Related
Updates

otodriver.com