Saat jendela tak bekerja normal, tentu sangat mengesalkan. Salah satu penyebabnya regulator kaca yang sudah rusak. Tetapi ternyata tidak perlu langsung ganti baru. Ada langkah hemat memperbaikinya.

Regulator Kaca : Jangan Langsung Diganti Jika Rusak

 
Regulator Kaca : Jangan Langsung Diganti Jika Rusak

Saat jendela tak bekerja normal, tentu sangat mengesalkan. Salah satu penyebabnya regulator kaca yang sudah rusak. Tetapi ternyata tidak perlu langsung ganti baru. Ada langkah hemat memperbaikinya.

Ketika regulator kaca rusa, ditandai kaca tak bisa turun/naik, umumnya bakal disarankan langsung menggantu baru satu unit (assy). Tetapi jangan terburu-buru ganti baru, meski jika hal tersebut dibiarkan, komponen lain ikut rusak, seperti, joint plastik regulator aus, sling putus bahkan hingga motor power window hangus. Ada cara hemat memperbaikinya. 

“Regulator (jendela, red) power window dapat diperbaiki. Biasanya rusak karena batang regulator patah, gigi mekanikal aus atau kabel sling putus,” ujar Rizky Perdana pemilik bengkel Garasiku di Pos Pengumben, Jakarta Barat.

“Jika patah, maka regulator bisa disambung lagi dengan las babet. Jika giginya aus, maka gigi mekanikal dapat direkondisi setelah ditambah daging dengan las, kemudian dibentuk menggunakan gergaji dan alat kikir. Sementara jika kabel sling putus dapat diganti,” lanjut pria beranak satu itu.

Jalur kaca bersih, regulator aman

“Meskipun bisa diperbaiki, tapi umur pakai regulator sudah tidak akan sekuat aslinya lagi. Biaya yang dibutuhkan bervariatif mulai dari Rp 250 ribu sampai Rp 500 ribu, tergantung dari tingkat kesulitannya,” tutup pria yang mempunyai nama panggilan Izzy.

Tetapi, ada beberapa mobil yang regulatornya tidak dapat diperbaiki. “Mobil yang mempunyai karet penopang sling tidak terbuat dari bahan yang baik. Sehingga karet tersebut tidak kuat saat kabel sling diganti. Jadi regulator harus diganti dengan unit baru,” ujar Fu Tony pemilik bengkel Karunia Jaya Abadi Motor, Fatmawati, Jakarta Selatan. 

Tony menjelaskan, beberapa mobil itu umumnya mobil-mobil Eropa produksi tahun 2000-an ke atas. Harga regulator baru pun bervariatif, mulai dari Rp 1 juta hingga 3 juta, tergantung merek mobilnya.
Cukup mahal, bukan? Agar awet, sebenarnya mudah dan murah, hanya membersihkan jalur kaca secara berkala, agar kaca jendela lancar sehingga tidak membebani kerja regulator.
     

 

 
Updates
Popular

    otodriver.com