Jika mengganti radiator baru dirasa terlalu mahal, maka merekondisi radiator alumunium yang rusak akan menjadi pilihan lainnya. Apa saja yang harus dilakukan?

Rekondisi Radiator Aluminium

 
Rekondisi Radiator Aluminium

Jika mengganti radiator baru dirasa terlalu mahal, maka merekondisi radiator alumunium yang rusak akan menjadi pilihan lainnya. Apa saja yang harus dilakukan?

Radiator merupakan bagian dari rangkaian cooling system pada sebuah kendaraan. Seiring bertambahnya umur pakai, radiator pun berpotensi mengalami berbagai masalah, khususnya radiator berbahan almunium, biasanya mengunakan penutup dari plastik yang terletak di bagian atas dan bawah, atau kiri dan kanan.

Salah satu kelemahan dari jenis kepala penutup plastik ini adalah getas dan rapuh pada bagian plastiknya. Jika mengikuti juklak dari pembuat mobil, biasanya disarankan Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli sebuah radiator baru. Hanya saja langkah ini dinilai terlalu mahal.

Solusi lainnya dengan mengganti material yang rusak tersebut dengan repair part yang harganya jauh lebih murah. Hanya saja, menurut beberapa pihak masa pakainya tak akan sama dengan orisinalnya.

“Khusus untuk jenis radiator ini, usahakan ganti dengan tutup yang juga berbahan plastik,” terang Ujang dari Gerai 105 yang sudah cukup berpengalaman dalam rekondisi radiator. “Masa pakainya bisa mendekati versi orisinalnya,” lanjut Ujang

“Jangan menggunakan bahan penutup dari bahan tembaga,” wantinya. Ujang mengatakan bahwa penggunaan bahan dari tembaga ini akan membuat umur radiator menjadi lebih pendek. Hal ini disebabkan karena korosi yang disinyalir muncul karena reaksi logam almunium dan tembaga.

“Biasanya korosi akan dengan segera menjalar di sekitar daerah sambungan berupa klem antara radiator dengan penutupnya,” imbuhnya. “Dengan penutup berbahan tembaga umurnya akan lebih pendek dan besar kemungkinan tidak bisa direparasi lagi. Sedangkan jika menggunakan bahan plastik maka umurnya akan lebih panjang dan kemungkinan besar dapat direparasi kembali nantinya,” tutupnya.

 
Related
Updates

otodriver.com