Car Review Indonesia

 

Secanggih Apapun Mesinnya Jangan Lupakan Periksa Oli Mesin

| 10 October, 2016

Kapan waktu ideal periksa oli mesin dan kenapa hal ini harus dilakukan? Secanggih apapun mesin mobil, tetap bergantung pada kualitas dan kuantitas pelumas agar dapat bekerja normal dan awet.

Tidak sedikit orang yang telah makan asam garam dunia otomotif menyarankan untuk melakukan ritual pagi salah satunya mengecek oli, baik itu oli mesin ataupun oli transmisi matik.

Boleh jadi hal ini oleh sebagian orang dianggap kuno dan hanya sesuai dengan mesin lama yang sudah tidak fit lagi kondisinya. 

Padahal, tak tergantung berapa umur mesin dan secanggih apa konstruksinya, oli tetap memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup mesin tersebut.

“Tindakan sederhana namun jika dilakukan secara teratur dapat membuat awet mobil, atau setidak-tidaknya kita tahu kondisi mobil kita lebih dalam,” jelas Yanto dari Yan Speed.

“Walau mobil umurnya relatif muda, namun bukan berarti tidak alami penyusutan oli lho,” sambungnya. “Kondisi jalanan di Indonesia yang cukup panas, lembab dan ditambah dengan dahsyatnya kemacetan mampu membuat seal oli menjadi lebih cepat getas dan akibatkan kebocoran,” sambungnya.

Perhatikan ketinggian permukaan oli pada dipstick

“Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi jalanan di Indonesia cukup ekstrem terutama terhadap kemacetan. Mesin dipaksa bukan pada batas performanya namun daya tahannya,” sahut Edward Adiwinata dari Raser. Apalagi menurutnya,  jika terjadi penguapan oli, hal yang cukup signifikan, karena akan diikuti dengan getasnya packing dan sil oli yang ada.

Memang, pemeriksaan ini tak perlu dilakukan setiap hari, asalkan cukup rutin dilakukan. Bisa seminggu sekali atau malah dua minggu sekali juga tidak masalah.

Lantas, kapan sebaiknya waktu memeriksa oli tersebut? Waktu yang baik untuk melakukan pengecekan adalah pagi hari.

Karena pagi hari sebagian besar oli berada di dalam bak oli, setelah mesin istirahat semalaman. Kondisi ini memungkinkan ketinggian oli paling optimal bisa diketahui melalui dipstick. 

Selalu jaga ketinggian oli pada batas maksimal dan jangan sampai di bawah minimal.

 

 

 

Tag : #Periksa Oli  #Dipstick  #Mesin  #Girboks 

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]