Cek dulu sebelum memutuskan untuk membeli aki baru. Belum tentu penyebab starter loyo disebabkan oleh aki rusak, namun bisa disebabkan oleh hal lainnya. Contohnya seperti ini

Starter Mobil Loyo? Cek Bagian ini

 
Starter Mobil Loyo? Cek Bagian ini

Cek dulu sebelum memutuskan untuk membeli aki baru. Belum tentu penyebab starter loyo disebabkan oleh aki rusak, namun bisa disebabkan oleh hal lainnya. Contohnya seperti ini

Aki merupakan bagian vital dari sebuah mobil. Perangkat inilah yang menjadi salah satu sumber kelistrikan mobil di samping alternator. Aki juga berfungsi sebagai wadah listrik yang dihasilkan oleh alternator dan menjadikannya sebagai penyedia cadangan listrik siap pakai terutama pada saat menyalakan mesin kendaraan.

Jika saat dinyalakan starter terasa berat, maka aki wajib dicurigai. Lantaran berfungsi sebagai sumber kelistrikan untuk melakukan start engine, maka aki muncul sebagai pesakitan pertama yang harus dicek kondisinya.

 “Starter yang berat merupakan salah satu isyarat bahwa terdapat masalah yang disebabkan oleh berkurangnya kekuatan setrum dari aki tersebut,” jelas Eron Edwin dari FAST salah satu gerai aki di Indonesia.

“Walau belum tentu sumber masalahnya pada aki, namun aki merupakan perangkat utama yang memiliki daya untuk memutar dinamo starter pada mesin,” lanjutnya.

Penyebab loyonya aki bisa diakibatkan oleh kondisi aki yang sudah tak baik lagi atau karena penyebab lainnya.

“Berkurangnya kemampuan aki dapat disebabkan oleh kerusakan pada aki namun juga dapat disebabkan kurangnya suport pengisian pada aki,” rincinya bersemangat. “Oleh karena itu jangan lantas cepat mengambil vonis bahwa kondisi aki telah rusak. Banyak faktor lainnya yang menyebabkan aki tidak maksimal dalam menjalankan tugasnya,” timpalnya.

Eron menyebutkan serangkaian kemungkinan yang berkenaan dengan penyebab kinerja aki yang kurang optimal.

  1. Kondisi terminal dan pole aki kotor. Munculnya jamur hasil oksidasi menjadi biang kerok yang menghambat arus yang masuk ke aki maupun yang keluar ke aki. Bersihkan terminal dan kepala aki tersebut dengan sikat atau guyur dengan air hangat untuk merontokkan jamurnya.
  2. Kondisi dan kualitas terminal (kepala) aki. Tak jarang ditemui terminal aki yang sudah patah atau yang sudah longgar saat dipasangkan pada kutub akinya. Keadaan ini akan mempengaruhi arus yang keluar ataupun masuk pada aki. Ganti segera terminal bermasalah ini dengan yang baru dan baik kualitasnya.
    Jamur aki salah satu biang kerok tersendatnya aliran keluar atau masuk ke dalam unit aki
 
Related
Updates

otodriver.com