Cuka tak hanya sekedar bumbu dapur, namun juga memiliki kegunaan lain. Berikut 5 kegunaan cuka yang bisa digunakan untuk merawat mobil.

Tahukah Anda, Ada 5 Manfaat Cuka Untuk Merawat Mobil

 
 Tahukah Anda, Ada 5 Manfaat Cuka Untuk Merawat Mobil

Cuka tak hanya sekedar bumbu dapur, namun juga memiliki kegunaan lain. Berikut 5 kegunaan cuka yang bisa digunakan untuk merawat mobil.

Cuka atau bahasa kerennya disebut sebagai vinegar merupakan bumbu dapur yang cukup murah dan mudah didapatkan. Selain berfungsi sebagai bagian dari bumbu dapur, ternyata cuka dapat pula dipergunakan untuk berbagai keperluan yang ada hubungannya dengan mobil atau merawat mobil.

"Pada dasarnya cuka adalah bahan kimia yang memiliki sifat asam. Beberapa sifat dari asam inilah yang akan dipergunakan," tutur Migrawan dari Karya Indah Motor, di kawasan Cileungsi, Jawa Barat. "Namun asam memiliki sifat korosif, maka penggunaannya harus ditakar sehingga tidak sebaliknya malah merusak," sambungnya. 

Berikut ini 5 manfaat cuka yang bisa dilakukan untuk merawat mobil.

1. Merawat elastisitas karet wiper.

Elastisitas karet wiper berangsur hilang namun apabila karet wiper diolesi dengan cuka maka tingkat kelenturannya akan lebih terjaga. Namun terlebih dulu cuka harus dicampur air dengan komposisi 1 : 1 supaya kadar asamnya tidak terlalu tinggi. Usap dengan menggunakan kain bersih, diamkan sebentar hingga kering kemudian dibasuh ulang dengan menggunakan air bersih.

2. Membersihkan krom

Pada lapisan krom sering kali ditemukan bercak-bercak kerak dari air yang mengering. Bercak seperti ini akan susah dibersihkan dengan menggunakan air biasa, namun tidak demikian apabila menggunakan air cuka yang dicampur dengan air. Komposisi air dan cuka yang aman 1 : 1 . Cuci krom terlebih dahulu, keringkan dan kemudian dibasuh ulang dengan cairan air dan cuka. Setelah bersih bilas dengan air dan keringkan.

3. Membersihkan bekas stiker

Bekas stiker beserta lemnya yang membandel bisa dijinakkan dengan cuka dapur. Campur cuka dan air dengan komposisi 1 : 1 kemudian kuaskan pada bagian yang akan dibersihkan. Campuran air ini akan membuat lem bekas stiker jadi lembek sehingga lebih mudah dibersihkan.

4. Menghilangkan bau tak sedap di interior

Cuka punya kemampuan untuk menyerap bau yang cukup handal. Tempatkan cuka ke dalam gelas, sekitar 1/4 gelas saja. Letakkan pada interior mobil, diamkan semalaman. Maka keesokan harinya terbebas dari bau.

5. Membersihkan noda pada dasbor dan trim

Dengan komposisi cuka dan air 1 : 1 maka akan menjelma sebagai cairan yang dengan mudah membersihkan noda pada dasbor. Gosok dengan kuas atau kain bersih pada bagian yang terkena noda bandel. Ulangi hingga noda hilang. Setelah cukup kering basuh ulang dengan air dan keringkan dengan kain bersih.

 
Related
Updates

otodriver.com