Tips singkat ini akan membuat para pengemudi lebih aman ketika menerjang jalanan yang basah saat hujan lebat.

Tiga Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berkendara Dalam Kondisi Hujan Lebat

 
Tiga Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berkendara Dalam Kondisi Hujan Lebat

Tips singkat ini akan membuat para pengemudi lebih aman ketika menerjang jalanan yang basah saat hujan lebat.

Musim hujan yang sudah tidak dapat diprediksi selalu menghantui para pengendara, salah satu yang perlu diperhatikan pada saat hujan turun terutama saat hujan deras adalah terjadinya genangan air pada permukaan jalan. Walaupun bukan genangan yang cukup dalam, namun kehadirannya harus diwaspadai para pengendara.

“Genangan air akan memperkecil kontak antara ban dan permukaan jalan sehingga membuat cengkraman ban tak sekuat pada saat ban melintas di atas permukaan jalanan kering,” terang Zulpata Zainal On Vehicle Test (OVT) Manager Gajah Tunggal Tbk.

Namun demikian ada hal lain yang harus diperhatikan untuk menghadapi kondisi jalanan hujan. “Kita harus mempersiapkan kondisi ban mobil secara khusus dan juga kebiasaan menyetir khusus menghadapi jalanan dengan genangan air.

Kondisi Ban

Pastikan kondisi masih memiliki kembangan yang cukup baik. Dengan kembang yang baik, maka kondisi aquaplaning atau hydroplaning dapat diminimalisir. Semakin tipis kembangan yang ada pada ban, maka akan semakin sulit air dibuang dari telapak ban.

Tekanan Angin

Tekanan angin ban merupakan faktor penting untuk mengendarai di saat hujan ataupun kondisi kering. Tekanan angin yang sesuai dengan speksifikasi standar kendaraan sangat ditekankan untuk mendapatkan kinerja terbaik.

Kecepatan

Kontrol laju kendaraan anda. Harus disadari bahwa kondisi hujan cengkaraman ban akan berkurang secara signifikan apapun itu jenis bannya. Kecepatan dibatasi 60 hingga 79 kpj saja untuk jalanan lengang dan lurus. Kurangi kecepatan apabila curah hujan semakin besar. Selain genangan air semakin tebal dan juga jarak pandang menjadi lebih terbatas.

 
Related
Updates

otodriver.com