Nissan-Datsun menggelar workshop untuk membekali para konsumen yang ingin menghadapi mudik lebaran. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan?

Tips Menghadapi Mudik Lebaran A la Nissan-Datsun

 
Tips Menghadapi Mudik Lebaran A la Nissan-Datsun

Nissan-Datsun menggelar workshop untuk membekali para konsumen yang ingin menghadapi mudik lebaran. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan?

Menyambut libur lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, PT Nissan Motor Indonesia mengadakan smart, safety dan eco driving workshop bersama komunitas Nissan-Datsun, di Jakarta, (17/06).

Dalam workshop kali ini, Nissan-Datsun berbagi informasi yang bermanfaat bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan jauh saat mudik lebaran nanti.

Workshop yang difasilitasi oleh trainer Nissan College, Sugihendi, menjabarkan beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengemudi jarak jauh. 

Mulai dari memastikan persiapan kendaraan, hingga teknik berkendara yang aman dan nyaman.

“Ada 10 aspek yang harus diperhatikan dalam persiapan, yaitu periksa ban, aki, rem, wiper, washer, oli mesin, radiator, lampu, kotak P3K, dan servis rutin secara berkala. Jika semua aspek tersebut dalam kondisi yang baik, akan membawa rasa tenang dalam perjalanan mudik,” jelas Sugihendi.

Sugihendi juga mengatakan, manajemen barang perlu diperhatikan. Pastikan semua barang dalam keadaan terikat, atau diberi jaring pengaman, usahakan barang yang berat ada di posisi bawah untuk menjaga stabilitas, dan jangan menaruh bawaan melebihi ketinggian sandaran, karena dapat mengakibatkan cedera serius saat kecelakaan.

Tak hanya itu, eco-driving skill juga perlu diterapkan saat berkendara jarak jauh. Usahakan, para pengemudi melakukan akselerasi secara bertahap, hindari membebani mesin atau putaran mesin secara berlebihan, dan menyesuaikan cara berkendara saat menghadapi kemacetan untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang boros.

“Untuk jalanan macet stop and go, injaklah pedal gas dengan sangat halus, dan apabila memungkinkan pergunakanlah hanya pedal rem saja untuk transmisi automatic dan CVT untuk mengurangi penggunaan bahan bakar,” tambah Sugihendi.

Setelah menerapkan hal-hal di atas, para pemudik juga harus memperhatikan beban muatan agar tidak berlebihan, beristirahat setiap mengemudi empat jam, dan memastikan bahwa kaca belakang mobil tidak tertutup barang-barang bawaan.

Dengan mengikuti anjuran yang diberikan, semoga mudik lebaran Anda kali ini dapat berjalan dengan lancar dan aman. Selamat mencoba

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com