ASEAN NCAP merilis hasil uji tabrak Calya-Sigra, namun ratingnya tak sama. Apa sebab kedua mobil kembar ini memberikan hasil berbeda untuk penumpang anak-anak?

ASEAN NCAP : Fitur Inilah Penyebab Hasil Uji Tabrak Calya – Sigra Berbeda

 
ASEAN NCAP : Fitur Inilah Penyebab Hasil Uji Tabrak Calya – Sigra Berbeda

ASEAN NCAP merilis hasil uji tabrak Calya-Sigra, namun ratingnya tak sama. Apa sebab kedua mobil kembar ini memberikan hasil berbeda untuk penumpang anak-anak?

Cukup banyak yang penasaran dengan tingkat keselamatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Baru-baru ini ASEAN NCAP sudah mengumumkan hasil uji tabrak duo kembar itu.

Diberitakan oleh Paultan (30/11), ASEAN NCAP baru saja merilis hasil uji tabrak beberapa mobil baru. Dari berbagai mobil tersebut, termasuk si kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Hasil mobil kembar ini cukup unik, karena memiliki hasil berbeda.

Data AOP (Adult Operation Protection) atau rating keselamatan bagi orang dewasa menunjukkan, baik Calya dan Sigra yang menggunakan dual SRS Airbag mendapatkan empat bintang, namun hasil berbeda pada hasil data COP (Children Operation Protection) atau rating keselamatan untuk anak-anak. Toyota Calya mendapat empat bintang, sementara Sigra hanya dua bintang. Apa sebabnya?

Carreview.id berpendapat, hal ini tentu disebabkan perbedaan fitur keselamatan yang ada di antara keduanya. Pada bangku baris kedua, Toyota Calya menggunakan fitur ISOFIX yang menjaga posisi child seat tidak berubah. Sedangkan perangkat ini tidak terdapat pada Daihatsu Sigra.

Pengait ISOFIX di sandaran jok bagian bawah (kotak hitam)

 

ISOFIX, menjadi fitur yang dirancang untuk mengikat child seat, dengan mengandalkan pengait besi, selain seatbelt.

 

Pengait ISOFIX pada jok bayi 

 

 
Related
Updates

otodriver.com