Tak melulu sebuah mobil kencang yang bertenaga besar haus bahan bakar. Lexus menjawab tantangan tersebut melalui RC 200T, sport coupe premium yang irit bensin.

Bangkok Motor Show : Lexus RC 200T Sanggup Kencang Namun Irit

 
Bangkok Motor Show : Lexus RC 200T Sanggup Kencang Namun Irit

Tak melulu sebuah mobil kencang yang bertenaga besar haus bahan bakar. Lexus menjawab tantangan tersebut melalui RC 200T, sport coupe premium yang irit bensin.

Bangkok Motor Show (BMS) yang telah diselenggarakan sebanyak 37 kali. Dan pada BMS kali ini (23/3 – 3/4) 2016, dipilih oleh Lexus Thailand sebagai momen peluncuran perdana Lexus RC 200T di pasar negeri gajah putih. Varian ini diluncurkan untuk melengkapi jajaran Lexus RC yang terlebih dahulu hadir, yaitu RC 350 dan RC 300H.

Sport coupe bermesin 8AR-FTS ini berkapasitas 2.000 cc dengan tambahan tekanan Turbocharger ke dalam ruang bakar. Sumber tenaga empat langkah ini memiliki sistem Atkinson Cycle yang diciptakan melalui katup variabel. Sehingga pada saat mesin menghasilkan tenaga pembakaran setelah kompresi, volumetrik ruang bakar akan meningkat seolah menggunakan langkah piston yang lebih panjang.

Teknologi VVT-iW atau dengan kata lain kedua katup masuk dan buang mampu membuka secara variabel (berbeda) berasal dari motor aktuator yang terhubung dengan batang noken as. Sesuai kebutuhan akan waktu pengapian dan putaran mesin, motor penggerak tersebut akan menggerakkan batang penggerak katup tersebut.

Komposisi langkah Atkinson Cycle yang dipadu dengan VVT-iW serta transmisi otomatik Sport Direct Shift 8-percepatan tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 235 dk pada 4.800 rpm dan torsi 350 Nm pada 1.650 rpm. Kendati demikian, walau cukup bertenaga namun mesin ini menjanjikan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat di putaran bawah, namun tetap mampu menyesuaikan kebutuhan bahan bakar di rpm tinggi.

Desain gril ekstra besar bermotif honeycomb yang tampil menyerupai huruf X, dengan rongga udara memanjang di sudut bumper depan, membuat Lexus RC terlihat garang dan atletis. Warna krom pada bingkai sekadar melengkapi tampilan elegan untuk menaikan kasta sport coupe ini sebagai mobil premium.

Urusan penerangan, Lexus RC tampil menawan dengan mengandalkan headlamp proyektor berteknologi LED. Lampu tambahan di bagian bumper serta Daylight Running LED makin merefleksikan kecanggihan sebuah sedan kupe dua pintu ini.

Secara keseluruhan mobil ini dirancang pada sebuah tarikan garis aerodinamika mulai dari bagian depan hingga bagian ekor. Pada bagian belakang, refleksi huruf X datang dari garis yang terbentuk mulai pintu bagasi hingga bumper bawah yang dilengkapi diffuser dan knalpot dual pipe trapezodial. Sebagai pelengkap, rongga udara di kedua sudut luar bumper berfungsi sebagai buangan aliran udara yang berasal dari roda belakang dan lampu belakang LED dan desain yang menyipit.

Kupe mewah rancangan Tatsuya Takei dan Yasuo Kajino di banderol seharga 5,49 juta Baht atau setara Rp 2,8 miliar. Untuk pasar Indonesia, Lexus RC 200T memang belum resmi diperkenalkan hingga saat ini, namun bisa jadi saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2016 nanti, giliran Lexus Indonesia yang akan memperkenalkan kepada publik tanah air. 

Sama seperti Bangkok Motor Show, GIIAS merupakan satu-satunya pameran otomotif berskala internasional yang telah mendapatkan akreditasi dari OICA, organisasi yang memayungi industri otomotif dunia.

Credit : Bangkok Motor Show 2016
 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com