Sebuah mobil konsep yang diharapkan menjadi titik kebangkitan industri mobil mewah Amerika ke titik puncaknya. Menepis desain kaku, kini Cadillac sudah diterima publik Eropa.

Cadilac Escala : Sambutan Meriah Pada 'The American Beauty'

 
Cadilac Escala : Sambutan Meriah Pada 'The American Beauty'

Sebuah mobil konsep yang diharapkan menjadi titik kebangkitan industri mobil mewah Amerika ke titik puncaknya. Menepis desain kaku, kini Cadillac sudah diterima publik Eropa.

Merek Cadillac belumlah terlalu familiar di Indonesia. Namun beda ceritanya dengan di Amerika Serikat, di mana merek di bawah sayap General Motors ini memiliki tempat tersendiri di kalangan berduit negeri itu.

Walau demikian pamor Cadillac mengalami kemerosotan dari tahun 80-an dan pasarnya pun digerus oleh merek Jepang dan Jerman. Bahkan pada tahun '90-an Cadillac merupakan menjadi simbol orang pensiunan, semakin menjauh dari pengguna dari kalangan usia muda. Desain yang terlalu kolot dituding menjadi penyebab utamanya.

Menanggapi hal tersebut, Cadillac melakukan pembenahan yang cukup masif, sehingga dalam 10 tahun belakangan ini kondisinya semakin baik serta mulai memiliki karakter baru yang lebih segar.

Apakah versi produksinya kelak hadir tanpa pilar B?
Desain buritan yang unik dan futuristik
Sentuhan retro nampak pada desain lingkar kemudi dengan nafas desain tahun 70-an

Kemunculan Cadillac Escala Concept di Pebble Beach Concour D’Elegance, California membawa harapan bagi Cadillac di masa depan.

Sekilas unsur dari Cadillac CT6 banyak memberi pengaruh pada desain depan, terutama pada bagian kap mesin. Namun demikian sedan konsep ini lebih panjang dan juga lebih lebar dibandingakan CT6.

Sedangkan desain bagian belakang nampak landai dan sepertinya mendapat pengaruh dari mengingatkan pada Audi A7 atau Porsche Panamera.

Hal yang paling unik dari desain Cadillac Escala ini, pada hilangnya pilar B (pillarless) dan juga tanpa frame kaca (frameless).

Namun, lenyapnya pilar B ini, akan menuai kontroversi karena peraturan lalu-llintas di Amerika tidak lagi meloloskan mobil 4 pintu tanpa kehadiran pilar B.

Suatu hal yang mengecewakan, ketika membayangkan versi produksi massalnya bakal memiliki pilar B. Tentu kita hanya bisa berharapan pada pintu frameless-nya agar tetap dipertahankan.

Cadillac menggunakan mesin V8 Biturbo DOHC  yang dikembangkannya sendiri. Mesin berkapasitan 4.200 cc ini, belum diketahui spesifikasi detailnya, namun diharapkan membawa karakter tersendiri bagi Cadilla

Sebuah penghargaan bagi Cadillac, karena kemolekannya, tak sedikit media di Amerika Serikat yang menyebutnya sebagai Today American Beauty

Sosok Escala ini, tak saja menuai pujian oleh publik Amerika, tetapi juga kekaguman dari publik Eropa yang biasanya berkomentar sinis terhadap mobil Amerika.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com